Strategi Kepala SMAN 1 Sumatera Barat dalam Membangun Prestasi Akademik Siswa

Fitra Murni AR, Suswati Hendriani, Demina Demina, Muhammad Fazis, Rina Delfita

Sari


Fenomena dalam penelitian ini yang terdapat di SMAN 1 Sumatera Barat ialah siswa dan siswinya dapat membangun prestasi akademik. Hal yang luar biasa prestasi tersebut diraih dari tingkat regional sampai internasional, meskipun sekolah ini baru berdiri selama 13 tahun.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain study kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sumatera Barat yang beralamat di Jalan Syekh Ibrahim Musa, Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan dari bulan Mei sampai bulan Juni 2024. Subjek penelitian ini kepala sekolah. Kemudian, sumber data pada penelitian ini terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran, dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrument utama dan instrumen pendukung. Instrument utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrument pendukung adalah pedoman wawancara, alat perekam, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan melakukan observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ialah teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Pengelolaan data dilakukan secara kualitatif, kemudian diuraikan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan kalimat yang efektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kepala SMAN 1 Sumatera Barat dalam membangun prestasi akademik dilakukan melalui 1) Perencanaan kepala sekolah dalam membangun prestasi akademik, seperti mengadakan rapat, membentuk tim, melakukan kegiatan studi tiru, melakukan kerjasama; 2) Pelaksanaan kepala sekolah dalam membangun prestasi akademik, seperti melakukan rekrutmen siswa kelas olimpiade, menyeleksi siswa, melakukan pembinaan siswa, memberikan motivasi kepada siswa, dan memberikan apresiasi kepada siswa; 3) Evaluasi kepala sekolah dalam membangun prestasi akademik dengan melakukan rapat bulanan, tentang perkembangan siswa di kelas olimpiade dan melakukan evaluasi setiap kali siswa selesai mengikuti lomba olimpiade.

Kata kunci: Strateg, Prestasi Akdemik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, W. R., & Mustofa, T. A. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Mojosongo. Journal On Education, 6(1), 5210–5217.

Akdon. (2009). Manajemen Strategi untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130.

Arfin, A., & Anggraeni, L. D. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1).

Arikunto, S., Asnawi, M., & Nasional, D. P. (2009). Abu Ahmadi Dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. In Amin, Samsul Munir, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Amzah. Jakarta: Rikena Cipta.

Aris, M., & Jamilus, J. (2024). Mengembangkan Kerjasama Tim dalam Pengelolaan Pendidikan Islam di Era Digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2162–2171.

Badrun, B., Sugiarto, F., Rachmadhani, A., & Hendra, S. H. (2022). Principal‟s Leadership Strategy in Strengthening Character Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Barnawi, & Arifin, M. (2013). Mengelola Sekolah Berbasis Enterpreneurship. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dagan, D. (2020). Upaya Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Prestasi Kerja Yang Optimal Pada SD Negeri Tumbang Kalemei: Teacher Empowerment Efforts By The School Head To Improve Optimum Work Achievement In SD Negeri Tumbang Kalemei. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 70–78.

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Damayanto, A., Bangkara, B. A., Abidin, A. Z., Heryani, A., & Maruf, I. R. (2022). Management Challenges for Academic Improvement in Higher Education in The Digital Era. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 572–592.

Dewi, R. K., & Rachmatillah, I. D. (2023). Analisis Peran Guru dalam Memberikan Motivasi Belajar pada Siswa Berprestasi Akademik di Sekolah Dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(1), 36–42.

Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Modul Paud Diakses Pada Tanggal, 26.

Dian, W. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djiwandon, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan (Rev-2). Grasindo.

E. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Selolah Profesional dalam Konteks

Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Fatah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Fathurrahman, M. (2012). Sulistyorini. 2014. Belajar dan Pembelajaran Belajar

Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar

Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu

Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85– 104.

Fatmah, L. (2018). Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Perguruan SMP al-Hidayah Medan Tembung. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11–19.

Fitriani, F. (2015). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa: Studi kasus di SMP Ar-rohmah Islamic Boarding School.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ghufron, G. (2020). Teori-Teori Kepemimpinan: Leadership Theories. Fenomena,19(1), 73–79.

Vol. No. (Tahun)

This work is licensed under a CC BY-SA

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Hadi, S. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplemantasikan Manajemen Berbasis Sekolah Di Smp Muhammadiyah 4 Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Hendriani, S. (2022). Upaya Peningkatan Prestasi Siswa di SMP Negeri 7 Sawalunto. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 294–300.

Jabar, A., Safruddin, C., & Suharsimi, A. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Khasanah, D., & Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al- Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172.

Kirana, Z. C., & Al Badri, A. N. (2020). Peranan Apresiasi Guru terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 174–193.

Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori

untuk Praktik Profesional Edisi Pertama. Kencana.

Lambrecht, J., Lenkeit, J., Hartmann, A., Ehlert, A., Knigge, M., & Spörer, N. (2022). The effect of

school leadership on implementing inclusive education: How transformational and instructional leadership practices affect individualised education planning. International Journal of Inclusive Education, 26(9), 943–957.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Lidia, S. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik Teori dan Implementasinya. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management Teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di Indonesia (Vol. 1, Issue

Cet. 1). Prenadamedia Group.

Marno, & Supriyatno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan PendidikanIslam.

Refika Aditama.

Mulyasa, E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Munir, A. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Novitasari, L. (2012). Pembelajaran Kelas Olympiade di SMPSMA Negeri Sragen

Bilingual Boarding School (SBBS) Gemolong Kabupaten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vol. No. (Tahun)

This work is licensed under a CC BY-SA

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Nur‟aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. Inersia: Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 16(1), 92– 104.

Nurkholis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Putri, C. M. (2023). Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan

Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMAN 1 Harau.

Qomar, M. (2016). Manajemen pendidikan islam.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Atas Upaya Guru dalam

Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar BahasaIndonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Rini, Q. K., Majorsy, U., & Hapsari, R. M. (2015). Hubungan Metakognisi, Efikasi Diri Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Prosiding PESAT, 6.

Rohani, B. (2016). Pengelolaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar Di Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosyid dkk. (2019). Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara.

Sallis, E. (2014). Total Quality Management In Education. Routledge.

Salusu. (2008). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan

Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi StandarProses

Pendidikan.

Saroni, M., & Hidayah, N. (2020). Analisis & Strategi Meningkatkan Daya Saing

Sekolah.

Sedarmayanti. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi danBirokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (D. Sumayyah (ed.); 9th ed.). PT Refika Aditama Bandung.

Setyaningsih, K., Ibrahim, I., & Devi, F. (2022). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MA An-Nur Tebing Suluh Kec. Lempuing. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 198–211.

Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 14–102.

Vol. No. (Tahun)

This work is licensed under a CC BY-SA

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Suderajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualtitatif, Kuantitatif dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhendar, U., Ekayanti, A., & Merona, S. P. (2020). Pola Pembinaan Olimpiade

Sains Nasional Matematika SMP di Kabupaten Ponorogo. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 9(2), 179–190.

Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 10–17.

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi orangtua untuk meningkatkan kualitas sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13.

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Surya, P., Rofiq, M. H., & Ardianto, A. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur

Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan.

Suryana, Sugiyono, Sekaran, U., Lee, S., Stearns, T., & Geoffrey, G. M. (2013).

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In International Journal

of Management.

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah.. dalam

Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110.

Triton, P. B. (2011). Manajemen Strategi: Terapan Perusahaan dan Bisnis. Tunggal, A. W. (2006). Manajemen Strategik Suatu Pengantar. Harvarindo,

Vol. No. (Tahun)

This work is licensed under a CC BY-SA

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Jakarta.

Wahyono, I., & Fanani, A. A. (2022). Keterampilan Kepemimpinan Situasional

Kiai (Studi Analisis di Pondok Pesantren Bustanul Falah Banyuwangi). Jurnal

Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 230–243.

Widiastuti, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan

Kota Bandung. Jurnal Ilmiah WIDYA, 4(2), 281–286. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46400

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 498–508.

Yohanes, B., & Setyowati, I. D. (2022). Pembinaan Olimpiade: Meningkatkan Kemampuan Operasi Matematika bagi Siswa SD Negeri 3 Buluagung. Jurnal Anugerah, 4(2), 109–120.

Yunus, E. (2016). Manajemen strategis. Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5801

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.