Analisis Pembelajaran Haji dan Umrah pada Mata Pelajaran Fiqh di Sekolah Dasar
Sari
Pembelajaran haji dan umrah pada mata pelajaran fiqh di sekolah dasar (SD) merupakan aspek penting dalam menanamkan pemahaman dan kecintaan terhadap ibadah rukun Islam kelima sejak dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran haji dan umrah di SD berdasarkan literatur yang tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka (literature review) dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan buku teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran haji dan umrah di SD masih perlu ditingkatkan dalam beberapa aspek, seperti penggunaan metode pembelajaran yang variatif, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, dan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter. Artikel ini dapat menjadi rujukan untuk peneliti selanjutnya dengan tema yang sama dan untuk Pembelajaran haji dan umrah di SD perlu dioptimalkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2018). Penanaman nilai-nilai pendidikan akidah melalui mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (ski). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 24-41.
Ananda, W., & Maemonah, M. (2022). Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6564-6575.
Aprianto, M. T. P., Ulfa, S., & Husna, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Pengurusan Jenazah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 23-32.
Arifin, E. Z. (2018). Era Edukasi 4.0 Yang Berbasis Kinerja Guru Bahasa Pada Masa Milenial. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 159-188.
Arigoh, I. (2024). Pesan-pesan Pendidikan Karakter dalam Surah Luqman Ayat 12-19 (Kajian Tafsir Al-Misbah) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Asmonah, A. (2023). Penerapan Model Problem Solving Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Kelas IX. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(2), 37-49.
Astuti, A. S. (2024). Perencanaan Komunikasi Humas Pt Sahabat Dua Arah Sadar Grup Dalam Membangun Kepercayaan Calon Jama’ah Haji Dan Umroh Di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Awaliya Nur, F. (2022). Dampak Negatif Literasi Digital Dalam Pembelajaran Fiqh Di Era Pandemi Covid 19 Di Ma Negeri Desa Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).
Ayuningtyas, A. (2020). Perancangan asrama haji terpadu Kota Malang dengan Pendekatan Arsitektur Islami (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Cahyaningtiyas, R. N. (2019). Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Binaan Beasiswa LMI (Lembaga Manajemen Infaq) Unit Layanan Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Christianto, J. (2019). Pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang.
Dani, A. A. (2023). Disertasi Penyiapan Manajer Masjid Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus pada Kurikulum Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Ar-Rahmah Surabaya) (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).
Darmayanti, D. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Pengajaran Variatif Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Baubau. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 256-263.
Daulay, H. H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia: historis dan eksistensinya. Prenada Media.
Diningrat, S. W. M. (2019). Desain model pembelajaran online sebagai upaya memfasilitasi belajar di tempat kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17-24.
Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018). Pengembangan Karakter Anak Di Indonesia Heritage Foundation (Ihf) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 163-186.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500.
Fauziyah, R. N. (2021). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 120-126.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. Badan Penerbit Stiepari Press, 1-215.
Hasan, M. S. R., Budiyono, A., Sirojuddin, A., & Rofiq, A. (2024). Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan untuk Guru MI Bahrul Ulum Nataan Gedong Boyountung Lamongan. An Naf'ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-48.
Hasibuan, N. F. (2022). Hubungan Perilaku Personal Hygiene dan Kondisi Lingkungan Fisik Rumah dengan Keluhan Penyakit Skabies di Lingkungan 1 Pasar Sibuhuan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Hasmira, H. (2019). Metode Bimbingan Manasik Haji Di Kementerian Agama Kota Palu Sulawesi Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Palu).
Herdina, P. (2022). Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam Terhadap Resiliensi Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Kertanegara Purbalingga (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86.
Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., ... & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khikmiyah, S. L. (2020). Pendidikan Moral Perspektif Imam Musbikin dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Krisnamurti, I., & Salamah, S. (2022). Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Guru SD. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 275-282.
Kristiani, H., Ramadhani, S., & Sitompul, Y. M. (2024). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Implementasi Nilai Demokrasi di Sekolah Dasar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(2).
Kurnia, L. (2022). Aplikasi Kuis Interaktif dalam Pembelajaran IPS Terpadu dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1).
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 349-353.
Lestari, Q. Y., Jannah, K. R., Rahayu, S. Y., & Damariswara, R. (2023). Analisis Unsur Intrinsik Pada Puisi “Kepada Orang Yang Baru Patah Hati” Karya Raditya Dika. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 154-161.
Limbong, M., Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27-35.
Maftuhah, S., & Wathon, A. (2018). Pengembangan Game Kelompok Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 169-183.
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.
Matin, A. H., & Utomo, H. W. (2023). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Pada Sekolah Dasar Kelas 6. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(3), 752-761.
Maylia, E. C., Amelia, A. P., Suwarna, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 32-41.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Nastiti, P. T., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 161-187.
Nasution, L., Aji, K., Sufia, R., & Tangge, N. A. (2024). Strategi Pengembangan Agrowisata Berbasis Lingkungan di Desa Loto Kecamatan Ternate Barat. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi dan Informasi Geografi, 24(1), 32-40.
Nikmah, F., & Wathon, A. (2020). Pengembangan Bakat Siswa Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 3(1), 20-45.
Novarita, N., Rosmilani, R., & Agnes, A. (2023). Analisis Pelaksanaan Teori Progresivisme John Dewey Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 529-540.
Pohan, K. N., Umar, M. N., & Jamali, Y. (2023). Penerapan Model CTL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Haji dan Umrah pada Siswa Kelas VI SD IT Sairussalam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 187-204.
Pohan, K. N., Umar, M. N., & Jamali, Y. (2023). Penerapan Model CTL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Haji dan Umrah pada Siswa Kelas VI SD IT Sairussalam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 187-204.
Pohan, S. S., & Suparman, S. (2020). Perspektif Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(2), 164-178.
Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
Putra, M. Y. N., & Huda, S. N. (2021). Literatur Review dengan Pendekatan Pengembangan Design Thinking untuk Sistem Informasi Studi Kasus SPP dan Beasiswa. Automata, 2(2).
R Suyanto, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Madrasah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Madrasah Aliyah (Ma) Nurul Iman Sekincau Lampung Barat (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598-612.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Rohani, S. (2023). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Metode Pembelajaran Variatif Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik:(Academic Supervision to Improve Teacher Variative Learning Methods to Motivate Student Learning). Uniqbu Journal of Social Sciences, 4(1), 108-117.
Sadiyah, H. (2018). Bermain peran (role playing) dalam pembelajaran maharah al-kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1-29.
Saputri, A., Alwani, P., & Apriani, P. (2024). Implementasi Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional Congklak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6461-6475.
Sari, A. R. (2019). implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih dan implikasinya terhadap motivasi mengajar studi kasus di madrasah aliyah negeri 2 ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra', 10(1).
Sauri, S., & Hanafiah, H. (2022). Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2099-2104.
Setiawan, H., & Mudjiran, M. (2022). Pentingnya Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7517-7522.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., ... & Gunawan, I. G. D. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21.
Solehudin, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti pada Materi Haji dan Umroh Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tonjong TP. 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 53-76.
Solehudin, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti pada Materi Haji dan Umroh Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tonjong TP. 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 53-76.
Songgirin, A. (2022). Sistem Pendidikan Kader dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit NEM.
Songgirin, A. (2022). Sistem Pendidikan Kader dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit NEM.
Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik.
Suryani, I. S., Ismail, I., Fadilla, K. N., & Hasmunarti, H. (2022). Pengembangan media e-ensiklopedia sistem gerak sebagai sumber belajar untuk kelas xi. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 50-59.
Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.
Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.
Umam, K. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integratif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Matematika (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Pendidikan Agama Islam).
Usman, U., & Azhari, D. S. (2023). Muatan Fiqh Ibadah Dalam Kajian Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 230-238.
Zakwan, L., Marzuki, M. F., & Gusmaneli, G. (2024). Menginspirasi Generasi Muda: Pendekatan Kreatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 223-236.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5797
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.