HUBUNGAN TERAPI BERMAIN DENGAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK AUTIS
Sari
Pertumbuhan anak merupakan tanda karakteristik pada usia kanak-kanak, pertumbuhan yang normal pada masa kanak-kanak tergantung pada panduan antara kesehatan yang baik, nutrisi yang cukup dan faktor genetik yang baik. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dengan pola teratur. Terapi bermain Edukatif adalah bertuk permainan yang dirancang untuk memberikan pendidikan dan pengalaman belahar kepada anak yang bermanfaat untuk menguatkan menerampilkan anggota tubuh anak
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatiftujuannya untuk mengetahui hubungan terapi bermain dengan pertumbuhan dan perkembangan pada anak autis di SLB Prof.DR.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi Tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di kelas terapi autis sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 37 responden. Pengumpulan data telah dilakukan pada bulan maret 2017. Penelitian ini dilakukan pada Oktober-Desember2017 dengan cara pengisian checklist dan analisis data secaraunivariatdanbivariat.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka didapat dari Pertumbuhan sebagian besar responden yang mencapai Pertumbuhan kurang sebanyak 3 responden (8,1%) pertumbuhan normal mencapai 30 Responden (81,1%) dan Pertumbuhan Lebih mencapai 4 responden (10,8%). Perkembangan Sebagian besar responden yang perkembangan baik sebesar 15 responden (40,5%) dan tidak baik sebanyak 22 responden (59,5%). Pada Terapi Bermain Sebagian besar responden mampu mengikuti permaianan sebesar 16 responden (43,2%) dan tidak mampu mengikuti sebesar 21 responden (51,8%).Ada hubunganantaraterapibermaindenganpertumbuhanpadaanakautis p-value 0,012.Ada hubunganantaraterapibermaindenganperkembanganpadaanakautis p-value 0,000.
Upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti kelas secara rutin agar Anak yang mengalami keterlambatan ataupun gangguan dapat menjadi terarah dan terstruktur baik dengan pemberian terapi bermain yang bermacam-macam permainan dan diharapkan anak mampu mengikuti terapi yang telah diberikan.
Kata kunci : Pertumbuhan, Perkembangan, TerapiBermain
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriana,2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak, Jakarta : Salemba Medika
Arikunto, 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
________ 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Delphie,2011. Psikologi Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Sleman : PT Intan Sejati Klaten
Departemen Kesehatan RI, 2012. Stimulasi Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah. Pedoman Penatalaksanaan Stimulasi deteksi dan intervensi dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta
Geniofarm, 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gara Ilmu
Hasdianah, 2013. Autis Pada Anak dan Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Hidayat, Aziz, 2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika
Huzaemah, 2010. Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta : Pustaka Populer Obor
Lauren, S, 2010. Ensiklopedi Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Maya, Fida, 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak, Yogyakarta : D-Medika
Notoatmodjo, S. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
¬¬¬_____________ 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Pamoedji G, 2010. Pertanyaan dan Jawaban Seputar Autisme. Jakarta : Hasanah
Priyatna, A, 2010. Amazing Autisme Mengasuh dan Memahami Mendidik Anak Autis. Jakarta : PT. Elex edia Komputindo
Raharjo. B, 2015. Seabrek Game Kreatif Pegangan Ayah-Bunda. Yogyakarta : Diva Press
Riskesdas, 2010. Riset Kesehatan Dasar. Sensus Penduduk
Rohman, Ujung, 2011. Konsep Dasar Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Tahun VII, No 12. http://digilib.unipasby.ac.id
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung : ALFABETA
______. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta
Tandri, 2012. Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak & Masalahnya. Jakarta : Libri
Yuliani, 2012. Sistem Komunikais Aumentatif dan Alternatif Untuk Anak-Anak dengan Autisme Specrtum Disorder. Jakarta : Universitas Indonesia
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.579
Article Metrics
Sari view : 1075 timesPDF - 487 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.