HUBUNGAN TERAPI BERMAIN DENGAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK AUTIS

Kristy MellyaPutri

Sari


Pertumbuhan anak merupakan tanda karakteristik pada usia kanak-kanak, pertumbuhan yang normal pada masa kanak-kanak tergantung pada panduan antara kesehatan yang baik, nutrisi yang cukup dan faktor genetik yang baik. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dengan pola teratur. Terapi bermain Edukatif adalah bertuk permainan yang dirancang untuk memberikan pendidikan dan pengalaman belahar kepada anak yang bermanfaat untuk menguatkan menerampilkan anggota tubuh anak

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatiftujuannya untuk mengetahui hubungan terapi bermain dengan pertumbuhan dan perkembangan pada anak autis di SLB Prof.DR.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi Tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di kelas terapi autis sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 37 responden. Pengumpulan data telah dilakukan pada bulan maret 2017. Penelitian ini dilakukan pada Oktober-Desember2017 dengan cara pengisian checklist dan analisis data secaraunivariatdanbivariat.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka didapat dari Pertumbuhan sebagian besar responden yang mencapai Pertumbuhan kurang sebanyak 3 responden (8,1%) pertumbuhan normal mencapai 30 Responden (81,1%) dan Pertumbuhan Lebih mencapai 4 responden (10,8%). Perkembangan Sebagian besar responden yang perkembangan baik sebesar 15 responden (40,5%) dan tidak baik sebanyak 22  responden (59,5%).  Pada Terapi Bermain Sebagian besar responden mampu mengikuti permaianan sebesar 16 responden (43,2%) dan tidak mampu mengikuti sebesar 21 responden (51,8%).Ada hubunganantaraterapibermaindenganpertumbuhanpadaanakautis p-value 0,012.Ada hubunganantaraterapibermaindenganperkembanganpadaanakautis p-value 0,000.

Upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti kelas secara rutin agar Anak yang mengalami keterlambatan ataupun gangguan dapat menjadi terarah dan terstruktur baik dengan pemberian terapi bermain yang bermacam-macam permainan dan diharapkan anak mampu mengikuti terapi yang telah diberikan.

 

Kata kunci  : Pertumbuhan, Perkembangan, TerapiBermain


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriana,2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak, Jakarta : Salemba Medika

Arikunto, 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

________ 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Delphie,2011. Psikologi Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Sleman : PT Intan Sejati Klaten

Departemen Kesehatan RI, 2012. Stimulasi Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah. Pedoman Penatalaksanaan Stimulasi deteksi dan intervensi dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta

Geniofarm, 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gara Ilmu

Hasdianah, 2013. Autis Pada Anak dan Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Hidayat, Aziz, 2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Huzaemah, 2010. Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta : Pustaka Populer Obor

Lauren, S, 2010. Ensiklopedi Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Maya, Fida, 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak, Yogyakarta : D-Medika

Notoatmodjo, S. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

¬¬¬_____________ 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Pamoedji G, 2010. Pertanyaan dan Jawaban Seputar Autisme. Jakarta : Hasanah

Priyatna, A, 2010. Amazing Autisme Mengasuh dan Memahami Mendidik Anak Autis. Jakarta : PT. Elex edia Komputindo

Raharjo. B, 2015. Seabrek Game Kreatif Pegangan Ayah-Bunda. Yogyakarta : Diva Press

Riskesdas, 2010. Riset Kesehatan Dasar. Sensus Penduduk

Rohman, Ujung, 2011. Konsep Dasar Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Tahun VII, No 12. http://digilib.unipasby.ac.id

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung : ALFABETA

______. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta

Tandri, 2012. Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak & Masalahnya. Jakarta : Libri

Yuliani, 2012. Sistem Komunikais Aumentatif dan Alternatif Untuk Anak-Anak dengan Autisme Specrtum Disorder. Jakarta : Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.579

Article Metrics

Sari view : 1075 times
PDF - 487 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.