Pelaksanaan Program BK pada SMA N 1 Takengon

Birrul Walidaini, Rezeki Ayu Mahara, Fitri Maulida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling (BK) di SMA N 1 Takengon, Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian dilakukan dari Mei hingga Juni 2024. Subjek penelitian terdiri dari dua guru BK dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BK di SMA N 1 Takengon mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam aspek akademik, karir, pribadi, dan sosial. Program harian, mingguan, bulanan, dan semesteran diimplementasikan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Dukungan dari pihak manajemen dan staf sekolah sangat berperan dalam kesuksesan program ini. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang efektivitas program BK di sekolah dan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan

Kata kunci : Pelaksanaan Program, Bimbingan dan Konseling


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmaranti, M. S. (2014). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA NEGERI Dan SMA SWASTA Di Kecamatan Kota Bojonegoro. State University of Surabaya.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Indrawan, I., & Pedinata, E. (2022). Manajemen Peserta Didik. Penerbit Qiara Media.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(01).

Ningsih, W. (2017). Peran Stakeholder dalam mendukung Kesuksesan Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Tapaktuan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rahmad, M., Husen, M., & Fajriani, F. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).

Ratnasari, D., Kartadinata, S., & Supriatna, M. (2022). Bermain Sebagai Metode Dalam Bimbingan Dan Konseling (Kajian Filsafiah Dan Ilmiah). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 95–107.

Sari, A., & Muslihah, E. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kasus Bullying: Studi Di Smk Negeri 2 Dan Smk Negeri 4 Kota Serang Provinsi Banten. Qathruna, 7(1), 83–102.

Sasmita, H., Prayitno, P., & Karneli, Y. (2020). Layanan bimbingan konseling sebagai upaya pembentukan kemandirian siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 37–47.

Sulistyo, A., & Wijayanto, W. (2016). Meningkatkan kinerja guru ditinjau dari kedisiplinan dan motivasi kerja guru di sd negeri x kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Susanti, E., Helma, H., & Mulyani, R. R. (2021). RANCANGAN PROGRAM PENGEMBANGAN MENGELOLA EMOSI (SELF RESILIENCE) BERBASIS TI SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENERAPAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 KELAS XII IPS DI SMAN 2 SIPORA. ITTIHAD, 5(2).

Syofyan, H., Susanto, R., Ulum, M. B., & Putra, S. D. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 24–31.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.

Zikri, A. (2012). Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MAN 2 Bogor.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5775

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.