TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP NORMA NORMA AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Feri Musharyadi, M.Kom

Sari


Pemahaman mahasiswa yang kurang terhadap norma-norma agama islam sangat rendah dan sudah mulai memudar. Hal ini berdampak pada prilaku sehari hari mahasiswa yang sangat jauh dari koridor tuntunan Agama Islam. Sehingga dapat menimbulkan gejolak sosial di masyarakat dan menumbuhkan nilai nilai moral yang rusak di kalangan mahasiswa. Metode K-means merupakan metode clustering yang paling sederhana dan umum. Hal ini dikarenakan K-Means mempunyai kemampuan mengelompokkan data dalam jumlah yang cukup besar dengan waktu komputasi yang relatif cepat dan efisien. Penulis bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pola tingkat pemahaman mahasiswa terhadap norm-norma agama islam.

Kata Kunci : Data Mining, K-Means, Clustering. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad R. 2014. ClusteringData Cuaca Untuk Pengenalan Pola Perioditas Iklim Wilayah Pelaihari Dengan Metode Fuzzy C-Means. Vol.3 1Juni 2014.

Tahta A, Budi S. 2012. Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data. Vol.1, Sept 2012

Tedy R, Sri K 2008. Aplikasi K-Means Untuk Pengelompokkan Mahasiswa Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI) & Ukuran Rangka.

R Handoyo, R Rumani. 2014. Perbandingan Metode Clustering Menggunakan Metode Single Linkage dan K-Means pada pengelompokan Dokumen. Vol.15, No2, Oktober 2014.

Ong, 2013. Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing Presiden University. Vol.12, No.1, Juni 2013.

Lindawati, 2008. Data Mining Dengan Teknik Clustering Dalam Pengklasifikasian Data Mahasiswa Studi Kasus Prediksi Lama Studi Mahasiswa Universitas Bina Nusantara.

Efori Buulolo, 2013. Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat (Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan). Vol.IV, No.1,Agustus 2013

Ediyanto, 2013. Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Clustering Analisys. Vol.2, No.2,2013




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.576

Article Metrics

Sari view : 576 times
PDF - 387 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.