Jenis-Jesnis Kesulitan Belajar Pada Anak Pesantren
Sari
Belajar merupakan proses dasar perkembangan bagi hidup manusia. Faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di sekolah itu banyak dan beragam yaitu adanya faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran di pondok pesantren. Tujuan utama kajian interpretative (pandangan) ini adalah memahami secara mendalam suatu realitas yang berbasis filosofi fenomenologis. Terdapat beberapa hambatan belajar yang dialami peserta didik dalam pembelajaran di pondok pesantren baik pelajaran agama maupun pelajaran umum.
Dari pengumpulan data laporan hasil penelitian diperoleh lebih dari 13 judul jurnal yang dilakukan di jenjang Sekolah Pondok Pesantren yang ada di Indonesia yang fokusnya mengenai kesulitan belajar siswa. Dengan beberapa pertimbangan, laporan hasil penelitian yang diambil untuk ditelaah dan dirangkum dibatasi hanya pada hasil penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir, yaitu dari tahun 2014 sampai dengan 2023. Sehingga diperoleh 15 judul jurnal yang berkaitan dengan kesulitan belajar pada anak pondok pesantren, dengan sebaran tahunnya sebagai berikut: laporan hasil penelitian tahun 2014 sebanyak satu judul, laporan hasil penelitian tahun 2017 sebanyak satu judul, laporan hasil jurnal 2020 sebanyak tujuh judul, laporan hasil jurnal tahun 2021 sebanyak satu judul, tahun 2022 sebanyak dua judul, dan laporan hasil jurnal ditahun 2023 sebanyak satu judul.
Kata Kunci: kesulitan belajar,
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus di MA Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454.
Azizah, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Santriwati Dalam Pembelajaran Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/49489/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/49489/1/Tesis Lengkap %283%29.pdf
Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026
Kasmar, I. F., & Anwar, F. (2021). Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik. An-Nuha, 1(4), 617–629. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.140
Kusumaning, D., Mufidah, N., & Huda, M. M. (2022). Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 115–133. https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.34
Pendekatan, D., & Kognitif, P. (2009). 3798-8144-1-Sm. 12(2), 152–172.
Pendidikan, P., Fakultas, E., Sosial, I. P., Pendidikan, P., Fakultas, K., & Sosial, I. P. (2021). 1 , 2 3. 29–36.
Ramdhani, S., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2021). Hambatan belajar matematika di pondok pesantren. Jurnal Analisa, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10106
Rizki, N. (2020). Kesulitan Belajar Nahwu Bagi Santri Pemula Di Pondok Pesantren Asaasunnajaah Desa Salakan Kecamatan Kesugihan Cilacap.
Sandi, A. E., Afrinaldi, Salmiwati, & Kamal, M. (2022). Srategi Guru Fiqih Mawaris dalam Menanggulangsi Kesulitan Belajar Santri di Pondok Pesantren Syekh Ibrahim Kumpulan. Koloni: Jurnal Multidisplin Ilmu, 1(3), 2828–6863.
Sari, A. W. (2017). Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 16–20.
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(1), 86–97. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/15469
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. 01(2), 55–66.
Umudini, A., Iswandi, I., & Mas, M. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien ( PSM ) Kepuhrejo Kediri. 05(03), 9346–9355.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5580
Article Metrics
Sari view : 58 timesPDF - 24 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.