Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengalaman Terhadap Minat Pembelian Ulang Paket Wisata Religi Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus : Travel Umrah Dan Muslim Tour Bukittinggi)

Fidal Aulia Rahmat, Dwiyono Rudi Susanto, Damiasih Damiasih

Sari


Tujuan penelitian menganalisis pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengalaman Terhadap Minat Pembelian Ulang Paket Wisata Religi Dengan Kepuasan Jamaah Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus : Biro Perjalanan Umrah dan Muslim Tour Bukittinggi)”. Metode analisis statistik digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian yang digunakan adalah primer bersumber dari pengumpulan data dengan instrument skala likert yang disebar melalui kuesioner. Populasi penelitian ini terdiri dari konsumen dan jamaah dari 3 travel (Ventour Travel Bukittinggi, Rizkia Amanah Mandiri, Sultan Trip Holidays) dengan jumlah sampel sebesar 100 orang dengan kriteria sampel pernah bertransaksi dan melakukan perjalanan umrah atau Muslim Tour di 3 biro tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bantuan software Smart-PLS 3.0. Hasil Penelitian menunjukan Kualitas Pengalaman berpengaruh  positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Kualitas Pengalaman berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang (Y) melalui variabel Kepuasan Konsumen (Z) sebagai vaariabel mediasi.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pengalaman, Kepuasan Konsumen, Paket Wisata Religi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, B. (2015). An integration of SERVQUAL dimensions and logistics service quality indicators ( A case study ) Reza Ahmadi Kahnali and Ahmad Esmaeili *. Int. J. Services and Operations Management, 21(3), 289–309.

Allameh, S. M., Pool, J. K., Jaberi, A., Salehzadeh, R., & Asadi, H. (2015). Factors influencing sport tourists’ revisit intentions: The role and effect of destination image, perceived quality, perceived value and satisfaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 27(2), 191–207. https://doi.org/10.1108/APJML-12-2013-0159

Ariasa, Muahammad; Rachma, N; Priyono, A. A. (2020). Pengaruh Atribut Produk, Persepsi Nilai, Pengalaman Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Yang di mediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Pada Pengguna Smartphone Xiaomi di Kelurahan Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(4), 113–131.

Arina Pramudita, Yoana; Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–7.

Chen, C. F., & Chen, F. S. (2010). Experience quality, perceived value, satisfaction and behavioral intentions for heritage tourists. Tourism Management, 31(1), 29–35. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.02.008

Chotimah, S., & Dian Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction Pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Ekonomi Bisnis, 24(1), 1. https://doi.org/10.17977/um042v24i1p1-11

Damiasih. (2023). Warnasari Pariwisata Indonesia. Graha Ilmu.

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2014). Multivariate Data Analysis, 7th Edn Edinburgh Gate. Pearson Education.[Google Scholar].

Hasniati, H., Indriasar, D. P., & Sirajuddin, A. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Management and Accounting Research Statistics, 1(2), 11–23. https://doi.org/10.59583/mars.v1i2.10

Herispon, H. (2019). An Empirical Analysis of Household Debt Behavior Determinants. Economics and Finance in Indonesia, 65(2), 132. https://doi.org/10.47291/efi.v65i2.627

Kasiri, L. A., Guan Cheng, K. T., Sambasivan, M., & Sidin, S. M. (2017). Integration of standardization and customization: Impact on service quality, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35(June 2016), 91–97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.007

Logiawan, Y., & Subagio, H. (2014). Analisa Customer Value Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Bandar Djakarta Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Masykur, F., Widiartanto, W., & Saryadi, S. (2022). Pengaruh Destination Image dan Fasilitas Wisata terhadap Revisit Intention (Studi pada Pengunjung Wisata Alam Seroja di Kabupaten Wonosobo). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 170–179. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34251

Ranjbarian, B., & Pool, J. K. (2015). The Impact of Perceived Quality and Value on Tourists’ Satisfaction and Intention to Revisit Nowshahr City of Iran. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 16(1), 103–117. https://doi.org/10.1080/1528008X.2015.966295

Safrina, W. D., Farida, N., & Ngatno. (2023). Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Minat Pembelian Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Jemaah PT. Penata Rihlah Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 140–148. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/37217

Senjaya, V., Semuel, H., & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh Customer Experience Quality Terhadap Customer Satisfaction & Customer Loyalty Di Kafe Excelso Tunjungan Plaza Surabaya : Perspektif B2C. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–15.

Setyaningsih, N. W., Suardana, I. W., & Dewi, L. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Paket Wisata Sepeda Di Desa Penglipuran. Jurnal IPTA, 8(1), 119. https://doi.org/10.24843/ipta.2020.v08.i01.p15

Song, H.J., You, H.J., Reisinger, Y., Lee, C.K., & Lee, S. . (2014). Behavioral intention of visitors to an oriental medicine festival: an extended model of goal directed behavior. Tourism Management, 42, 101–113.

Syahputra, H. (2022). Pengaruh Tangible Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Religi Walisongo Di Pulau Jawa. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 3(2), 2745–8407.

Wong, J., Wu, H.C., & Cheng, C. C. (2014). An empirical analysis of synthesizing the effects of festival quality, emotion, festival image and festival satisfaction on festival loyalty: a case study of Macau food festival. International Journal of Tourism Research, X(X), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5560

Article Metrics

Sari view : 64 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.