Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Tes Big Five pada Siswa

Zubaidah Zubaidah, Septiana Amanda Faradila, Dwi Kurnia Sari, Nurhadi Saputra

Sari


Dalam rangka menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi hasil tes kepribadian Big Five pada siswa, penelitian ini melakukan tinjauan terhadap beberapa jurnal yang relevan dalam bidang psikologi kepribadian. Dengan menggunakan metode review jurnal, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis temuan-temuan kunci dari penelitian-penelitian terdahulu yang telah dilakukan di bidang ini. Tinjauan literatur ini mencakup pendekatan-pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian-penelitian sebelumnya, seperti survei, studi longitudinal, dan eksperimen psikologis. Temuan-temuan tersebut kemudian disintesiskan untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tes Big Five.Selain itu, tinjauan literatur ini juga memperhatikan variasi dalam konteks penelitian, termasuk perbedaan budaya dan lingkungan sosial, yang dapat memengaruhi interpretasi dan generalisabilitas temuan. Implikasi praktis dari penelitian-penelitian tersebut juga dikaji, terutama dalam konteks pengembangan program pendidikan dan intervensi psikologis.Dengan menggunakan metode reviuw jurnal ini, penelitian ini berupaya menyediakan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi hasil tes Big Five pada siswa, serta menyediakan landasan yang kokoh untuk penelitian lebih lanjut di bidang ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi,P,C.,Kusmiati,E,R. 2023. Kepibadian Big Five Personality dan Cinta Triangular Theory Of Love pada Dewasa Awal yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Penelitian. ISSN 2722-9467,Vol.3,No.12.

Fatmawiyati, J., Nurdibyanandaru, D., & Suminar, D. R. (2020). Peran Learning Goal

Orientation dan Big Five Personality terhadap Adaptabilitas Karier Siswa SMK. Jurnal Psikologi, 47 (3), 221-233.

Muhid, A., Ridho, A., Yusuf, A., Wahyudi, N., Ulya, Z., & Asyhar, A. H. (2021). Big Five

Personality Test for State Islamic Senior High School Students in Indonesia. International Journal of Instruction, 14 (2), 483-500.

Nasyroh,M.,Wikansari,R. 2017. Hubungan antara Kepribadian Big Five Personality Model dengan Kinerja Karyawan. Jurnal,Ecopsy.Volume 4 Nomor 1,

Silaen, M. T. (2023). Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Siswa Berdasarkan The Big Five Personality dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN). JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), 6 (1), 121-127.

Simanulang,Tansen. 2021 Pengaruh Tipe Kepribadian The Big Dive Model Personality terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara . Jurnal Manajemen Pendidikan. E-ISSN: 2716-375X, P-ISSN: 2716-3768,Vol 2,Issue 2.

Sovayunanto & Nurdibyanandaru. (2017). Pengaruh Big Five Personality dan Self Regulated Learning Pada Prestasi Akademi siswa SMA Negeri Di Kota Tarakan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, e-ISSN 2301-7104, Vol.6.

Zubaidah, dkk. (2024). Konsep Dasar Tes Five Big Personality Traits pada Kepribadian Siswa. Senja KKN ( Seminar dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara )




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5558

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.