Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Walada Rasyid Lubuk Kilangan Padang

Monna Widyastuti, Suci Aulia

Sari


Kemandirian pada anak usia prasekolah bisa dilihat dari kemandirian dan juga pola asuh orangtua, masih banyak anak yang masih belum mandiri seperti masih menangis saat ditinggal orang tua saat jam pelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandiriana anak usia prasekolah di TK Walada Rasyid Lubuk Klilangan Padang. Desain penelitian deskriptif analitik yang dilaksanakan di TK Walada Rasyid Lubuk Kilangan. Pengambilan data dilakukan secara Observasi kemandirian anak. Data di olah dengan langkah editing, coding, entry dan cleaning. Analisa data Univariat dengan statistik deskriptif dan analisa data bivariat dengan chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian di dapatkan (90,9%) orang tua memiiki anak kemandirian tidak mandiri terdapat pada pola asuh permisif. Ada hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia pra sekolah. Melalui kepala sekolah TK Walada Rasyid Lubuk Kilangan, berkerja sama dengan guru dan orang tua dapat meningkatakan kemandirian anak seperti tidak menangis ditinggal orang tua saat jam pelajaran dan tepat waktu dalam pengerjaan tugas saat belajar.

Kata Kunci : kemandirian, pola asuh orang tua dan prasekolah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, V. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Ringan Di Sdlb Yplb. Banjarmasin: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 21-25.

Kartono. 2014. Patologi Sosial, Jilid 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Lestari, M. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Keperawatan. Vol 1 No 1

Rochwidowati, N.S & Widyana, R. 2016. Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah dengan Pemberian Pengukuh Positif. InSight, Tahun XIII/No 1. doi: http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/psikologi/article/view.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Sunarty, K. 2016. Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Journal of EST, Vol. 2 No. 3, 152-160.

Utami, R. W. 2016. Perbedaan Kecerdasan Emosi antara Siswa SMA Reguler dengan SMA Muhammadiyah.Tugas Akhir. Universitas Kristen Satya Wacana




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5552

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.