Identifikasi Tanaman Obat Suku Melayu Di Pasir Pengaraian

Eti Meirina Brahmana, Dahlia Dahlia, Jismi Mubarrak, Rena Lestari

Sari


Abstrak

Tumbuhan yang berkhasiat obat telah lama digunakan oleh masyarakat tradisional dalam penyembuhan berbagai penyakit, salah satunya masyarakat Suku Melayu di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang berkhasiat obat berdasarkan pengetahuan lokal masyarakat adat Suku Melayu. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Suku Melayu asli Kabupaten Rokan Hulu dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling, sehingga responden yang terpilih sesuai dengan data yang diperlukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui penggunaan tumbuhan obat yang digunakan masyarakat dengan cara wawancara sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui banyaknya penggunaan tumbuhan obat oleh masyarakat Suku Melayu dari hasil wawancara. Penyakit yang biasanya diobati oleh masyarakat dengan tumbuhan adalah penyakit yang umumnya sering diderita oleh masyarakat awam seperti demam, diare, batuk, sakit gigi, gatal-gatal dan sariawan.

Kata Kunci: Identifikasi, Suku Melayu, Tanaman Obat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azmin, N, Anita R dan Eka, H. 2019. Uji Kandungan Fitokimia dan Etnobotani Tumbuhan Obat Tradisional Berbasis Pengetahuan Lokal Di Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 6 (2) : 101-113.

Cavalera, R. 2016. Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat di GedanganKarangrejo, Tulungagung Sebagai Media Konservasi Ex-Situ. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI. Kediri.

Dalimartha, S. 2001. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jakarta : Puspa Swara.

Handini, M. N, Kasrina dan Sri, I. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 (2) : 35-43.

Hariana, A. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 2. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hariana, 2013. 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kinho, J, Arini, D. I. D, Tabba, S, Kama, H, Kafiar, Y, Shabri, H dan Karundeng, M. 2011. Tanaman Obat Tradisional Sulawesi Utara Jilid I. Manado: Balai Penelitian Kehutanan Manado.

Maulidiah, M, Winandari, O. P dan Saputri. 2020. Pemanfaatan Organ Tumbuhan Sebagai Obat Yang Diolah Secara Tradisional Di Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan 7(2): 443-450.

Meisia, L, Rafdinal dan Siti, I. 2020. Pemanfaatan Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat Suku Melayu di Desa Sungai Daun Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas. Jurnal Protobiont 9 (1) : 7 -16.

Peli, Riza L dan Elvy R. P. W. 2020. Pemanfaatan Tumbuhan Obat Bagi Ibu Sebelum dan Sesudah Melahirkan Pada Masyarakat Suku Melayu Di Desa Sekura Kabupaten Sambas. Jurnal Protobiont 9 (3): 236-245.

Pranaka, R. N, Fathul, Y dan Indah B. Pemanfaatan Tanaman Obat Oleh Masyarakat Suku Melayu Di Kabupaten Sambas. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia 13 (1) : 1-24.

Qasrin, U, Agus, S, Yulianti dan Afif, B. 2020. Studi Etnobotani Tumbuhan Berkhasiat Obat Yang Dimanfaatkan Masyarakat Suku Melayu Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. Jurnal Belantara 3(2): 139-152.

Ricky, Dhanang, P dan Gelora, M. 2019. Studi Etnobotani Obat Di Desa Tumbang Jala-Kalimantan Tengah Yang Masih Dimanfaatkan Sebagai Obat Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Transformasi Bidang Kesehatan di Era Industri 4.0. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Rizqi, F. 2013. The Miracle of Vegetables. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Setiawati, W, Murtiningsih, R dan Gunaedi, N. 2008. Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati. Bandung: Prima Tani Balitsa.

Sinaga, H. S dan Adelya, I. M. 2021. Kajian Etnobotani dan Bioaktivitas Tumbuhan Obat Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda 5 (1) : 21-25.

Utami, P. 2008. Buku Pintar Tanaman Obat. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Winarto. 2003. Mahkota Dewa. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wulandara F. D, Rafdinal dan Riza L. 2018. Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Melayu Desa Durian Sebatang Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Protobiont 7 (3): 36-46.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5550

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.