Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interne Dalam Pelaksanaan Konsultasi Gizi Rumah Sakit Ibnu Sina Payakumbuh Tahun 2024

Iffa Setiana, Legabina Adzkia, Silvia Adi Putri

Sari


 

ABSTRAK

Kepuasan merupakan reaksi emosional terhadap kualitas pelayanan yang dirasakan dan kualitas pelayanan yang dirasakan merupakan pendapat menyeluruh atau sikap yang berhubungan dengan keutamaan pelayanan. Penelitian awal dilakukan pada rumah sakit ibnu sina payakumbuh. Konsultasi gizi dilakukan langsung dengan ahli gizi. Ahli gizi mendatangi ruangan rawat untuk memberikan konsultasi pada pasien. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dan untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek kepuasan pada pasien.

Penelitian dilakukan  di Rumah Sakit Ibnu Sina Payakumbuh dengan menggunakan Metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel, baik suatu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain dan teknik Pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuisioner kepada pasien.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruangan interne rumah sakit ibnu sina payakumbuh menyatakan menyatakan puas namun masih ada pasien yang mengatakan kurang puas dikarenakan salah satu contohnya dari aspek-aspek kepuasan pasien.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dirumah sakit islam ibnu sina payakumbuh tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruangan interne dalam pelaksanaan konsultasi gizi sudah baik dinyatakan dengan banyakanya pasien mengatakan puas dengan pelaksanaan konsutasi gizi.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien Rawat Inap

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kesehatan RI (2023). “Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit”. Diktorat Bina Gizi Masyarakat. Diakses 22 April 2024.

Deri (2023). “Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Konsultasi Gizi di Poliklinik Gizi Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin Banda Aceh”. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan. Diekses 21 Januari 2024.

H. Erawan (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien”. Diakses 22 Desember 2016.

Persatuan Ahli Gizi Indonesia (2021). “konseling gizi”, Penerbit Penebar Swadaya Grup. Diakses 25 Maret 2024.

Supariasa, I. D. N. (2022). “Pendidikan dan Konsultasi Gizi”. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Dieakses 20 Maret 2020.

Tjiptono, F (2021). “Manajemen Pelayanan Jasa”. Penerbit Andi. Yogyakarta. Diakses 16 Februari 2024.

Wardhana, A (2020). “Analisis Kepuasan Pasien di Rawat Inap Paviliun Kartika Jakarta Pusat” Tesis Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat. UI Depok. Diakses 1 Maret 2024.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5433

Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.