Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Kelas V SDN 20 Koto Gaek Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Guesa Maiwinda, Sekar Harum Pratiwi, Farma Yessi

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 20 Koto Gaek Guguk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Hasil analisis data yang diperoleh adalah rata-rata hasil belajar IPA peserta didik di kelas eksperimen adalah 82 dan kelas kontrol 75. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (2.36>1.68). Maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui model Cooperative Learning tipe Group Investigation dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 20 Koto Gaek Guguk. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 20 Koto Gaek Guguk.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Group Investigation, IPA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Pendidik. Kata Pena.

Miftahul Huda. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robert E. Slavin. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Syamsi Elda. Pendidik Kelas VB SDN 20 Koto Gaek Guguk. Wawancara 08 Januari 2024. Pukul 09.45 WIB.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahab Jufri. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaa Reka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5432

Article Metrics

Sari view : 44 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.