Peran Tes kepribadian MBTI dalam Proses Konseling: Meningkatkan Pemahaman dan Pengembangan Diri individu

Zubaidah Zubaidah, Erna Rahmawati Hatija, Nurul Husna, Siti Sariyati

Sari


Tes kepribadian merupakan instrumen psikologi yang penting untuk mengukur karakteristik individu, tingkah laku, dan norma. Tes ini banyak digunakan dalam perekrutan tenaga kerja dan pendaftaran sekolah untuk memastikan kecocokan kepribadian dengan pekerjaan atau pendidikan. Dengan perkembangan teknologi, tes kepribadian kini dapat dilakukan secara online, menjadikannya lebih mudah, efektif, dan efisien. Salah satu tes yang paling populer adalah MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers berdasarkan teori Carl Jung. MBTI membagi kepribadian menjadi 16 tipe berdasarkan empat preferensi dikotomi: sikap (Extrovert vs. Introvert), fungsi persepsi (Sensing vs. Intuition), fungsi penilaian (Thinking vs. Feeling), dan gaya hidup (Judging vs. Perceiving). Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk menggali teori dan data dari berbagai sumber jurnal. MBTI membantu individu dalam pengembangan diri dengan memberikan wawasan mengenai preferensi psikologis mereka, yang berguna dalam komunikasi, manajemen emosi, dan pemecahan masalah. Tes ini juga bermanfaat dalam proses konseling untuk memahami kelebihan dan kelemahan diri, menemukan pekerjaan atau jurusan yang cocok, dan memperbaiki hubungan interpersonal. Kesimpulannya, MBTI adalah alat yang efektif untuk pengembangan diri dan penyesuaian dalam berbagai aspek kehidupan.

Kata Kunci : Tes Kepribadian, MBTI, Pengembangan diri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar Rizky Rabbani, Muhammad Nasrun, Casi Setianingsih. (2020). Perancangan Dan Implementasi Tes Psikologi Myersbriggs Type Indicator Komputer Untuk Mengetahui Minat Dan Bakat Anak –AnakUsia Remaja Menggunakan Metode Naïve Bayes. E-Proceeding of Engineering, (7)1 (pp. 1711-1721). Open Library Publications.

DC Hipolito D. Dwayne.. 2023. Person Ability: The MBTI Personality Types and its Relationship with the Academic Performance of Grade 12 Students in Dr. Yanga’ s Colleges, Inc. International Journal of Research and Innovation in Social Science 7 (7), 1270-1277,

Harahap, T. K., Hasibuan, S., Pratikna, R. N., Ahmad, M. I. S., Novarini, N. N. A., Widiawati, W., Sanjaya, R., Riesso, A. S., Batubara, N. A., Nurdiana, Suyanto, & Abdurrahim. (2021). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Tahta Media.

Imtiyaaz, Saniyyah, A & Andrian. 2024. Perkembangan Implementasi Psikometri MBTI: A Literatur Review. Universitas Airlangga: Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM) Tahun, Vol. X(no), pp.

Karyati, Erni. 2020. PENGEMBANGAN TES KEPRIBADIAN METODE MBTI UNTUK MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA. Technologia: Jurnal Ilmiah 13 (2), 153-159.

King, S. P., & Mason, B. A. (2020). Myers Briggs Type Indicator. In B. J. Carducci & C. S. Nave (Eds.), Wiley Encyclopedia of personality and individual differences: Vol. II. Measurement and assessment. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Pedhu, Yoseph. 2020. Isu-isu Etika Penggunaan Tes Psikologi dalam Bimbingan Konseling. Seminar Nasional Daring IIBKIN, 85-97.

Rabbani, Aftina. 2022. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7. No. 3b. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815

Sengkey Jeanita, Dwi, Dkk.2023. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application 3 (1), 67-75,

Susanto, E., & Mudaim, M. (2017). Pengembangan Inventori MBTI sebagai Alternatif Instrumen Pengukuran Tipe Kepribadian. Indonesia Journal of Educational Counseling, 1(1), 41-52

Utami, G., & Bahtiar, N. (2020). Aplikasi pengenalan kepribadian tipe Myers Briggs menggunakan metode fuzzy saw berbasis android. Jurnal Masyarakat Informatika, 11(1), 59-67

Wahidah Nurul, Dkk. 2019. Peran dan aplikasi assessment dalam bimbingan dan konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 2 (2), 45-56.

Widayati.S Wahyu,Ananda.Y Rizki(2017) Mengembangkan Tes Myer Briggs Type Indicator (MBTI) sebagai identifikasi awal untuk layanan konseling karir di SMK Negeri 1 Demak.

Zubaidah ,dkk.2024. Kegunaan Instrumen Tes Dalam Bimbingan dan Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5430

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.