Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Di Sd Negeri 04 Birugo Bukittinggi

M. Isnando Tamrin

Sari


Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun yaitu mengenai perintah membaca. Membaca merupakan sebuah kegiatan meresepsi, menginterpretasi, serta menganalisa untuk mendapatkan pesan yang tersirat dalam suatu media tulisan. Siswa sebagai generasi penerus bangsa sangat dibutuhkan ide-ide cemerlangnya demi membangun negeri ini. Melalui membaca, maka akan merangsang pikiran agar terus terbuka. Kebiasaan membaca tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar saja, akan tetapi juga mampu membentuk kepribadian seseorang dengan menghayati hasil bacaannya. Membaca bisa dikakukan dimana saja, terlebih jika sarana dan prasarana memadai maka tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisa adanya kegiatan perpustakaan kelas atau yang lebih dikenal dengan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif. Dan objek penelitian ini yaitu siswa SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi.

Kata Kunci: Minat Baca, Pojok Baca, SD

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Rimba Kurniawan, d.( 2019, Desember). Andil Pojok Baca dalam Meningkatkan Atensi Baca Anak didik Sekolah Bawah. Harian Inovasi Pembelajaran serta Penataran Sekolah Bawah, 3( 2), 49.

Ahmadi, F.( 2010). Tingkatkan Atensi Membaca Anak didik Sekolah Bawah dengan Tata cara Glenn Doman Berplatform Multimedia. Harian Riset Pembelajaran, 27( 1), 65.

Anggraeni, A. N.( 2019). Tingkatkan Atensi Membaca lewat Aksi Literasi Membaca untuk Anak didik Sekolah Bawah. Proceeding of Biology Education, 3( 1), 27.

Elendiana, Meter.( 2020). Usaha Tingkatkan Atensi Baca Anak didik Sekolah Bawah. Harian Pembelajaran serta Pengarahan, 2( 1).

Fiya Janati, d.( 2021). Usaha Tingkatkan Atensi Baca Anak didik Sekolah Bawah di Era Endemi Covid- 19 lewat Literasi Digital. Prosiding SEMAI Kolokium Nasional PGMI, 628- 629.

Kasiyun, S.( 2015, Maret). Usaha Tingkatkan Atensi Baca Selaku Alat Buat Mencerdaskan Bangsa. Harian Pen Indonesia, 1( 1).

Kasiyun, S.( 2015, Maret). Usaha Tingkatkan Atensi Baca Selaku Alat Buat Mencerdaskan Bangsa. Harian Pen Indonesia( JPI), 1( 1), 81.

Mirnawati.( 2020, Februari). Pemakaian Alat Lukisan dalam Penataran Buat Tingkatkan Atensi Baca Anak didik. Didaktika, 9( 1), 99.

Rahmawati, D. C.( 2020, September). Kedudukan Literasi dalam Tingkatkan Atensi Baca Anak didik di Sekolah Bawah. Harian Review Pembelajaran Bawah: Harian Amatan Pembelajaran serta Hasil Riset, 6( 3).

Wahyuni, S.( 2009, Juli). Menumbuhkembangkan Atensi Baca Mengarah Warga Literat. Diksi, 16( 2), 179.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5275

Article Metrics

Sari view : 52 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.