Meningkatkan Standar Dan Etika Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling

Yulianti Yulianti, Siti Sariyati, Uswatun Dwi Hasanah, Zidan Alhamdika

Sari


Konseling adalah praktek yang memerlukan tingkat profesionalisme yang tinggi untuk memastikan kesejahteraan klien. Artikel ini membahas pentingnya profesionalisasi dalam bidang konseling, dengan fokus pada penetapan standar praktik yang jelas, etika dalam konseling, dan pengembangan profesionalisme melalui pelatihan dan supervisi. Pertama, artikel menyoroti pentingnya penetapan standar praktik yang tinggi untuk memandu konselor dalam menjalankan tugas mereka dengan integritas dan kompetensi yang tinggi. Kedua, artikel membahas pentingnya etika dalam konseling, termasuk tanggung jawab konselor terhadap keadilan, kerahasiaan, dan penghargaan terhadap martabat klien. Terakhir, artikel menyoroti pentingnya pengembangan profesionalisme melalui pelatihan lanjutan dan supervisi untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konselor tentang teori dan praktik konseling. Dengan demikian, artikel ini menegaskan bahwa profesionalisme dalam konseling melibatkan komitmen terhadap standar etika yang tinggi, pengembangan kompetensi yang berkelanjutan, dan pemberian layanan yang terbaik bagi klien.

Kata kunci: Standar, Etika, Bimbingan Konseling

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afni, Nur. (2018). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru

Andriyani, J. (2018). KONSEP KONSELING INDIVIDUAL DALAM PROSES PENYELESAAIN PERSELISIHAN KELUARGA. JURNAL AT-TAUJIH, Vol.1 No.1.

El Fiah Rifdah, 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M): IAIN Raden Intan Lampung.

Fahyuni Eni Fahriatul, 2018. Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah, UMSIDA Press: Sidoarjo Jawa Timur.

Faiz, A., Dharmayanti, A., & Nofrita, N. (2018). Etika Bimbingan dan Konseling dalam Pendekatan Filsafat Ilmu. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 1–12.

Fatchurahman, M. (2017). PROBLENMATIKA PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Volumne 3, Nomor 2.

Muhammad, F. (2019). Konseling Berbasis Wawasan Lintas Budaya Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Remaja. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 4(1).

Mulyani, N. S., Mahmuda, I., Prima, N. R., Sintia, B., & Aritonang, T. R. (2022). Literature Review: Keberadaan Budaya yang Saling Berkaitan pada Konseling. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10099-10105.

Syahril, S. (2018). Konseling Lintas Budaya dalam Perspektif Budaya Indonesia. Jurnal AlTaujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 4(1), 76-86.

Yulianti, (2023). Konseling Belajar. Tahta Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5274

Article Metrics

Sari view : 93 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.