Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Inovasi Pendidikan

Ade Lestari, Aldri Frinaldi, Yulia Septi Wahyuni

Sari


Artikel ini mengkaji strategi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui inovasi pendidikan sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. Pendidikan diidentifikasi sebagai kunci utama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memacu perkembangan ekonomi daerah. Penulis mengulas peran sentral pendidikan dalam membentuk SDM yang unggul, terampil, dan siap bersaing di pasar kerja. Strategi inovatif dalam pendidikan menjadi fokus utama artikel ini. Pemanfaatan teknologi, kemitraan industri-pendidikan, dan pengembangan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan pasar kerja lokal dijelaskan sebagai langkah-langkah kunci untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Artikel ini juga menyoroti peran pemberdayaan komunitas melalui pendidikan, dengan pendekatan yang menekankan pada keusahawanan dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pendidikan. Dalam upaya untuk diversifikasi sumber pendapatan daerah, artikel ini mengusulkan strategi seperti memanfaatkan potensi pendapatan dari alumni, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berbasis bisnis, dan menggandeng sektor swasta dalam mendukung program-program pendidikan inovatif. Pembahasan juga mencakup pengukuran kinerja dan evaluasi untuk menilai dampak sebenarnya dari inovasi pendidikan terhadap PAD. Sementara itu, artikel mencermati hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi, termasuk keterbatasan anggaran dan tantangan implementasi. Artikel ini berusaha memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana penerapan strategi pendidikan yang inovatif dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Optimalisasi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Inovasi Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).

Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan model wisata edukasi-ekonomi berbasis industri kreatif berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2).

Budianto, E. W. H., & Dewi, N. D. T. (2023). Pemetaan topik penelitian seputar pengaruh variabel mikroekonomi: Studi bibliometrik VOSviewer dan literature review.

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Hariono, D., & Sari, P. P. (2022). PELATIHAN TENAGA KERJA. Jurnal Dar El-Falah, 2(1).

Hariyanto, M. T. (2023). Pemanfaatan Teknologi Greenhouse dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim di Desa Dlanggu. Prosiding Patriot Mengabdi, 2(01), 298–304.

Hasan, N. (2012). Corak Budaya Birokrasi Pada Masa Kerajaan, Kolonial Belanda Hingga Di Era Desentralisasi Dalam Pelayanan Publik. Sultan Agung Islamic University.

Ismail, A., & Pranadani, A. (2023). Siap Menjadi Founder? Persiapan, Rencana, dan Realitas Berbisnis Startup di Indonesia. Asadel Publisher.

Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Ekonomi | Kecamatan Sukasada. (t.t.). Diambil 30 Desember 2023,

Mahendra, A. D., & Woyanti, N. (2014). Analisis pengaruh pendidikan, upah, jenis kelamin, usia dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja (Studi di Industri Kecil Tempe di Kota Semarang) [PhD Thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis].

Mocodompis, H. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 2(6), 1108.

Mubarok, I. R., & Tambunan, K. (2021). Pembangunan Ekonomi Indonesia: Peran Pendidikan Sebagai Fondasi Penting Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS TRIANGLE, 2(4), 492–499.

Nurchalia, L. P., Ghifari, Y., Limbong, J. A., & Setiawati, L. (t.t.). Professional analysis of Educational Technology students with appropriate specializations. Inovasi Kurikulum, 20(2), 193–204.

PERSADA, C. P. B. (t.t.). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan DI. Diambil 30 Desember 2023, dari

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023a). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12.

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023b). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12.

Rais, R., Dacholfany, M. I., Rukmana, A. Y., Mesra, R., Saleh, F., Purba, S., Tahu, F., & Helmi, D. (2023). PENGEMBANGAN PERENCANAAN PROGRAM PENDIDIKAN. Get Press Indonesia.

Sianipar, D. (2023). BAB 5 Hambatan Inovasi Pendidikan. Ict Dan Inovasi Pendidikan, 50.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryanto, L., & Khoir, M. A. (2023). Implementasi pembelajaran fiqih muamalah dalam penguatan nilai pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Islam Darul Falah Sragen. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3 Juni), 229–237.

Syafrizal, M., Harmono, H., Saifuddin, R., & Mutaqim, Z. (2018). Sistem Inovasi Daerah (SIDa): Agroekowisata Lampung.

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), 207–215.

Widyatmoko, S. (2020). Program Broadband Learning Center Di Era Disrupsi Berdasarkan Perspektif Collaborative Governance (Studi Kasus Tentang Upaya Keberlanjutan Inovasi Program Broadband Learning Center di Kota Surabaya).

Yakup, A. P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia [PhD Thesis, Universitas Airlangga].




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5267

Article Metrics

Sari view : 112 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.