Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman

Alfi Ramadesi, Roni Ekha Putera, Kusdarini Kusdarini

Sari


Abstract

The Pasaman Regency Population and Civil Registration Office is a government agency in Pasaman Regency that has the main task and function of carrying out some government affairs in the field of population administration. However, there are still obstacles in population administration which are a strategic issue in Pasaman Regency, namely the uneven ownership of population documents so that Pasaman Regency has a low target achievement of population document ownership. This study aims to describe and analyze the strategy of Public Service Improvement in the Pasaman Regency Population and Civil Registration Office. This study used descriptive qualitative method. The data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. This research uses the core theory of strategy according to Richard P. Rumelt which consists of diagnosis, guiding policy and coherent action. The results showed that the Pasaman Regency Population and Civil Registration Office had fulfilled the three variables of the core theory of strategy according to Richard P. Rumelt consisting of diagnosis, guiding policies and coherent actions. The Pasaman Regency Population and Civil Registration Office has implemented a strategy in an effort to increase the ownership of population documents in Pasaman Regency quite well, although there are still some obstacles that are still felt.

 

Abstrak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman merupakan instansi pemerintah di Kabupaten Pasaman yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menjalankan sebagian urusan pemerintah dibidang administrasi kependudukan. Namun, masih terdapat kendala dalam administrasi kependudukan yang menjadi isu strategis di Kabupaten Pasaman, yaitu kurang meratanya kepemilikan dokumen kependudukan sehingga Kabupaten Pasaman memiliki capaian target kepemilikan dokumen kependudukan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Peningkatan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori inti strategi menurut Richard P. Rumelt yang terdiri dari diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman sudah memenuhi ketiga variabel dari teori inti strategi menurut Richard P. Rumelt yang terdiri dari diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman sudah melakukan pelaksanaan strategi dalam upaya peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Pasaman dengan cukup baik, meskipun masih ada beberapa kendala yang masih dirasakan.

 

Kata Kunci: Strategi, Peningkatan Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neneng Siti Maryam. (2017). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, Vol 6, No. 1, hlm. 11

Richard P. Rumelt. (2014). “Good Strategy Bad Strategy”, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, hlm 37.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman No 470/51/DKPS/2/2020 tentang Pelayanan Online

Yahyat. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik. Vol 11, No 2(2)




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5249

Article Metrics

Sari view : 76 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.