Konseling Keluarga Dalam Pendidikan Islam

Sekar Harum Pratiwi, Gusril Kenedi, Afnibar Afnibar, Ulfatmi Ulfatmi, Lisa Candra Sari

Sari


Abstrak

Islam menjelaskan bahwa pernikahan adalah sunnah Nabi. Melalui pernikahanlah keluarga terbentuk. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang sekaligus merupakan kelompok kecil dalam masyarakat. Peran keluarga sangat strategis dalam menentukan masa depan masyarakat, bangsa, negara dan agama. Namun seringkali keluarga kehilangan peran dan fungsinya. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dan konseling pernikahan. Tentu saja keinginan tersebut tidak akan terwujud, karena pada dasarnya konselor pernikahan bukanlah wasit yang mampu menentukan siapa yang salah dan siapa yang benar. Sejujurnya pasangan hanya perlu memahami lebih dalam bahwa proses konseling saja tidak cukup, karena sebenarnya pasangan juga membutuhkan terapi psikologis untuk bisa belajar mengubah perilakunya sendiri menjadi individu yang lebih baik, demi menjaga pernikahan dan mencapai kesuksesan. kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR), yaitu metode penelitian yang merangkum hasil penelitian primer untuk menyajikan fakta yang lebih komprehensif dan berimbang. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa konseling keluarga merupakan suatu proses bantuan yang diberikan kepada individu anggota keluarga untuk mengaktualisasikan potensi individu atau mengantisipasi permasalahan yang dialami dalam kehidupan berkeluarga, konselor keluarga diharapkan mempunyai kemampuan profesional untuk mengantisipasi perilaku seluruh anggota keluarga yang terdiri dari berbagai macam. kualitas emosional dan kepribadian, serta konseling keluarga dapat mengarahkan dengan pembiasaan perilaku sehari-hari berdasarkan ajaran agama agar menjadi keluarga yang bertaqwa, produktif dan mandiri melalui hubungan individu dan sistem kekeluargaan berdasarkan ajaran Islam serta dapat mewujudkan fungsi-fungsi yang ada dalam keluarga.

Kata Kunci: Konseling, Keluarga, Pendidikan Islam  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusantia, Dwi, and Dadang Juandi. 2022. “KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7(2):222–31.

Amanah, Siti, Aidil Muhammad Mahendra, and Jefri Silaen. 2023. “Peran Konseling Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(1):3406–9.

Andrean, Seka, and Erni Munastiwi. 2021. “Kontribusi Keharmonisan Keluarga Dalam Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Di SDN Bangun Harjo.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 3(1):31–40.

Aprillia, Ade Rani, Dwi Cahyono, and Ari Sita Nastiti. 2021. “Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan Dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).” Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis 1(1):35–44.

Bastomi, Hasan. 2019. “Konseling Cyber: Sebuah Model Konseling Pada Konteks Masyarakat Berbasis Online.” Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counselling 3(1):19–36.

Erdiyanti, Yucky Putri, and Titih Nurhaipah. 2021. “Efektifitas Komunikasi Interpersonal Dalam Bimbingan & Konseling Keluarga Untuk Meningkatkan Keharmonisan Antara Mertua & Menantu Perempuan.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5(2):207–17.

Fadhil, Ahmad. 2022. “Konseling Keluarga Dalam Perspektif Karisma Max Weber Untuk Mengatasi Konflik Pasangan Suami Istri.” Jurnal Al-Shifa Bimbingan Konseling Islam 3(1):1–20.

Hafizha, Ruzika. 2022. “Konseling Keluarga Struktural Sebagai Salah Satu Pendekatan Konseling Dalam Mengembalikan Peran Dan Fungsi Anggota Keluarga.” Journal of Education and Counseling (JECO) 2(2):217–27.

Kertamuda, Fatchiah E. 2023. Konseling Pernikahan Untuk Keluarga Indonesia: Edisi 2. Penerbit Salemba.

Lase, Erni. 2021. “Peranan Konselor Mengatasi Perselingkuhan Dalam Hubungan Pernikahan Kristen.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 5(1):59–70.

Latifah, Luluk, and Iskandar Ritonga. 2020. “Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2(1):63–80.

Muawanah, Ely. 2020. “Studi Komparasi Pemikiran Elly Risman Dan Konsep Perkawinan Islam Dalam Pola Ketahanan Keluarga Untuk Mencegah Kenakalan Remaja.” Rechtenstudent Journal UIN KHAS Jember 1(2):179–93.

Nabilah, Syifa, Heni Pujiastuti, and Syamsuri Syamsuri. 2023. “Systematic Literature Review: Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika, Jenjang, Materi, Model Dan Media Pembelajaran.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(4):2436–43.

Noorhayati, Mahmudah. 2016. “Konsep Qonaah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Dan Rahmah.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 7(2):59–76.

Prasanti, Ditha, and Putri Limilia. 2017. “Gaya Pengelolaan Konflik Dalam Komunikasi Keluarga Urban Di Era Digital.” Metacommunication; Journal of Communication Studies 2(2).

Putri, Julia Eva, Mudjiran Mudjiran, Herman Nirwana, and Yeni Karneli. 2022. “Peranan Konselor Dalam Konseling Keluarga Untuk Meningkatkan Keharmonisan Keluarga.” Journal of Counseling, Education and Society 3(1):28.

Putri, Mita Anggela, Neviyarni Neviyarni, and Yarmis Syukur. 2019. “Konseling Keluarga Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT): Strategi Mewujudkan Keharmonisan Dalam Keluarga.” ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2(1):1–8.

Rahmawati, Laili, and Dadang Juandi. 2022. “Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 7(1):149–60.

Rustina, Rustina. 2022. “Keluarga Dalam Kajian Sosiologi.” Musawa: Journal for Gender Studies 14(2):244–67.

Saputra, Adif Jawadi, Rita Sinthia, Atikah Mahfuza Pangat, and Wan Chalidaziah. 2023. “Konseling Keluarga Untuk Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga.” Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 4(1):54–63.

Thovawira, Fika Ariani, Islamiani Safitri, Supartik Supartik, Nova Nadila Saputri Sitompul, and Ikke Anggriyani. 2021. “Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia.” HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):355–71.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5241

Article Metrics

Sari view : 83 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.