UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 MUARA PANAS

YELVARINA.S.Pd MM

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai  ≥75 mengalami peningkatan sebesar 13% dengan kondisi awal 52,2% meningkat menjadi 65,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,76% menjadi 86,96%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 3,48 dengan kondisi awal 66,09 meningkat  menjadi  69,57  dan  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan  sebesar 9,13 menjadi 78,70.

Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Active Learning Tipe Role Reversal Question

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desmita. 2009. Psikologi Perekembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Endang Poerwanti dkk, 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen.

Hollingsworth, Pat & Gina Lewis, 2008. Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan Di Kelas. Penerjemah: Dwi Wulandari. Jakarta: Indeks.

Moh. Sholeh Hamid, 2011. Metode Edutaiment. Yogyakarta: Diva Press.

Naswatul Lailah, 2003. Konsep Dasar Active Learning Dan Relevansinya Dengan Pengajaran Muhadatsah. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

R. Ibrahim dan Nana Syaodih Sukmadinata, 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Esti Wuryani Djiwandono, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Garamedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i73.52

Article Metrics

Sari view : 232 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.