Identifikasi Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Endang Afriyeni, Benny Chandra, Novadilastri Novadilastri, Ariani Tanjung

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Praktik Kerja Lapangan/PKL dalam meningkatkan kompetensi Mahasiswa. PKL merupakan kegiatan yang direncanakan dan tertuang dalam kurikulum pembelajaran sebagai media belajar hal-hal baru yang belum atau kurang didapatkan dikampus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Padang, sedangkan sampelnya adalah  mahasiswa yang telah melaksanakan PKL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner atau angket dimana pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa  responden sangat setuju bahwa Praktik Kerja Lapangan yang telah dilakukan mampu melatih mahasiswa untuk menjaga Sikap dan Sopan Santun dalam bekerja (96%), meningkatkan tanggung jawab dalam bekerja, mampu meningkatkan pengetahuan dan kecakapan dalam bekerja (95%), meningkatkan Loyalitas dalam bekerja, melatih untuk rajin dan tekun dalam bekerja (94%).

 

Kata kunci:  Praktik Kerja Lapangan, Kompetensi, Usaha Perjalanan Wisata


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5056

Article Metrics

Sari view : 425 times
PDF - 267 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.