Variasi Humektan pada Formulasi Body Scrub Serbuk Kulit Manggis

Fitri Wahyuni, Yahdian Rasyadi, Wida Ningsih, Eka Desnita

Sari


ABSTRAK

Kulit buah manggis mengandung senyawa Xanthone yang berkhasiat sebagai antioksidan dan juga berfungsi sebagai antimikroba. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh variasi konsentrasi propilenglikol dan gliserin terhadap karakteristik sifat fisik dan kimia pada pembuatan serbuk kulit buah manggis menjadi body scrub. Penelitian ini dilakukan dengan metoda ekperimental yang meliputi pembuatan sediaan body scrub menggunakan 1 % serbuk kulit buah manggis dengan menvariasikan propilenglikol: gliserin (10:0%; 2:8%; 8:2%; 5:5%; 0:10%;0:0%) dan pengujian karakterisasi sediaan body scrub (uji organoleptis, uji homegenitas, uji pH, uji stabilitas dan uji tipe emulsi). Hasil karakterisasi untuk uji organoleptis yaitu berwarna kecoklatan dan tidak berbau dan homogen. Untuk pengujian pH sediaan didapatkan pH sediaan sesuai dengan pH kulit 4,5 – 8. Untuk pengujian stabilitas sediaan dinyatakan stabil dikarenakan tidak adanya perubahan yang signifikan diakhir masa penyimpanan. Dari karakterisasi tipe emulsi diketahui sediaan body scrub yang dihasilkan tipe emulsi minyak dalam air. Kesimpulan penelitian ini tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan variasi konsentrasi propilen glikol dan gliserin pada formulasi body scrub.

 

Kata kunci: Body scrub, serbuk kulit buah manggis, propilen glikol, gliserin


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggai RA, Hasan H, Thomas N. 2013. Formulasi dan Evaluasi Sediaan Mikroemulsi Ekstrak Etanol Beras Meras (Oryza nivara) sebagai Antioksidan. KIM Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan.

Angraini, L., Rostamailis, R., & Minerva, P. (2015). Pengaruh Penggunaan Lulur Pepaya (Carica Papaya L) terhadap Pencerahan Kulit Badan. E-Journal Home Economic and Tourism, 8(1).

Irawati, leni. (2013). Pengaruh Komposisi Masker Kulit Buah Manggis Dan Pati Bengkuang Terhadap Hasil Penyembuhan Jerawat Pada Kulit Wajah Berminyak. Surabaya

Muliyawan, dewi. 2013. A-Z Tentang Kosmetik. Jakarta: PT. Elex edia komputindo

Putra, Sitiatava R., (2011), “Manggis Pembasmi Kanker”, DIVA Press, Yogyakarta.

Ratnayanti, I Gusti. 2017. Pengaruh Masker Gel Peel Off Ekstrak Kulit Buah Manggis (Garcinia Manggostana L) Terhadapkelenjar Sabaceous Kulit Tikus Wistar Jantang Yang Dipapar Sinar Ultraviolet. Denpasar.

Rasyadi Y, 2018, Formulasi Sediaan Kumur Dari Ekstrak Daun Sukun Artocarpus altilis (Parkinson ex F.A.Zorn) Fosberg, Chempublish Journal, Volume 3 No 2, 76-84




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.4964

Article Metrics

Sari view : 326 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.