THE EFFECT OF PAIRWORK TECHNIQUE AND STUDENTS’ MOTIVATION ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL
Sari
Menerapkan teknik pengajaran yang tepat dalam proses pembelajaran merupakan
suatu hal yang penting untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari pairwork technique
dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini merupakan
penelitian semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini
ialah mahasiswa semester dua jurusan bahasa Inggris STAIN Kerinci. Sampel dari penelitian
ini terdiri dari 20 mahasiswa dalam kelas eksperimen dan 20 mahasiswa dalam kelas control.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes berbicara secara monolog dan angket motivasi
siswa dalam berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengajaran speaking
dengan menggunakan pairwork technique memberikan hasil yang lebih terhadap kemampuan
berbicara siswa dibandingkan dengan menggunakan teknik konvensional (oral presentation
technique), (2) siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan pairwork technique
mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dibandingkan dengan yang siswa yang
diajarkan dengan teknik konvensional, (3) siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan
dengan pairwork mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dibandingkan dengan
yang diajarkan dengan menggunakan teknik konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara
kedua teknik dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara siswa.
Keywords: pairwork technique, motivation, speaking skill, oral presentation.
suatu hal yang penting untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari pairwork technique
dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini merupakan
penelitian semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini
ialah mahasiswa semester dua jurusan bahasa Inggris STAIN Kerinci. Sampel dari penelitian
ini terdiri dari 20 mahasiswa dalam kelas eksperimen dan 20 mahasiswa dalam kelas control.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes berbicara secara monolog dan angket motivasi
siswa dalam berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengajaran speaking
dengan menggunakan pairwork technique memberikan hasil yang lebih terhadap kemampuan
berbicara siswa dibandingkan dengan menggunakan teknik konvensional (oral presentation
technique), (2) siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan pairwork technique
mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dibandingkan dengan yang siswa yang
diajarkan dengan teknik konvensional, (3) siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan
dengan pairwork mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dibandingkan dengan
yang diajarkan dengan menggunakan teknik konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara
kedua teknik dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara siswa.
Keywords: pairwork technique, motivation, speaking skill, oral presentation.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i1.496
Article Metrics
Sari view : 123 timesPDF - 244 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.