TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Lili Hasmi

Sari


Peristiwa tutur merupakan interaksi linguistik dalam satu bentuk ungkapan atau lebih
yang melibatkan dua pihak, yaitu guru dan lawan tutur. Tindak tutur guru dalam proses
pembelajaran bahasa Indonesia sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam berkomunikasi.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: “Bentuk tindak tutur ilokusi guru dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur
ilokusi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian field research
dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh
tuturan guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang sedang melaksanakan proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat. Metode
analisis data yang dipakai adalah metode padan.
Hasil penelitian bentuk tuturan yang ditemukan, bentuk tindak tutur ilokusi terdapat 11
buah tuturan asertif, 21 buah tuturan direktif, 3 buah tuturan ekspresif, 1 buah tuturan komisif,
dan 1 buah tuturan deklarasi. Tuturan yang paling dominan dipakai dalam proses pembelajaran
bahasa Indonesia adalah tuturan direktif.
Kata Kunci: Tindak tutur, Guru, Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i1.488

Article Metrics

Sari view : 117 times
PDF - 494 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.