Analisis Gender dalam Pengelolaan UMKM: Pengaruhnya terhadap Inovasi dan Keunggulan Kompetitif di Kota Padang

Nofriadi Nofriadi, Suharno Pawirosumarto, Lusiana Lusiana, Silvia Sari

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gender dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Padang. Kota Padang memiliki sejumlah UMKM yang dimiliki baik oleh perempuan maupun laki-laki, dan penelitian ini fokus pada perbedaan, tantangan, dan peluang yang dihadapi kedua jenis UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran (mixed methods), menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi terhadap UMKM perempuan dan laki-laki di berbagai sektor ekonomi. Data sekunder juga dianalisis untuk memberikan konteks yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan gender memengaruhi akses terhadap sumber daya dan dukungan, termasuk modal, pelatihan, dan jaringan bisnis. UMKM perempuan seringkali menghadapi hambatan dalam mengakses modal usaha, pelatihan, dan dukungan teknologi. Selain itu, norma sosial dan peran ganda dalam keluarga juga mempengaruhi waktu dan energi yang dapat diberikan oleh perempuan untuk bisnis mereka. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa UMKM perempuan telah mengambil inisiatif dalam mengadopsi teknologi digital dan strategi pemasaran online untuk memperluas pasar mereka. Mereka juga mencari dukungan dari organisasi non-pemerintah dan pemerintah dalam bentuk pelatihan dan bantuan keuangan

Kata Kunci: Gender, UMKM, Mix methods, Kota Padang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Mamun, A., & Fazal, S. A. (2018). Effect of entrepreneurial orientation on competency and micro-enterprise performance. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(3), 379–398. https://doi.org/10.1108/apjie-05-2018-0033

Alborn, T. (2010). Economics and business. The Cambridge Companion to Victorian Culture, 2(1), 61–79. https://doi.org/10.1017/CCOL9780521886994.004

Ali, M. A., & Salisu, Y. (2019). Women Entrepreneurship and Empowerment Strategy for National Development. Journal of Economics, Management and Trade, 22(3), 1–13. https://doi.org/10.9734/jemt/2019/44828

Anshori, M. N. (2020). Muhammad Ni’am Anshori, “Analisis Pengaruh Modal Finansial dan Modal Sosial Terhadap Keberlangsungan Usaha Santri Pada Komunitas Santripreneur Di Kabupaten Temanggung. Universitas Muhammadiyah Magelang, Skripsi, 13.

de Oliveira, M. A., Ramos, A. S. M., & Lucena, J. P. O. (2022). Social Capital and Online Social Networks From a Gender Perspective: a Study With Information Technology Managers. International Journal of Innovation, 10(2), 241–266.

Fararatri Widyadari, H. S. dan S. P. (2019). Suara-suara Perempuan Pengusaha. IFC-PENSA Dan IWAPI, 1–48.

Hikkerova, L., Ilouga, S. N., & Sahut, J. M. (2016). The entrepreneurship process and the model of volition. Journal of Business Research, 69(5), 1868–1873. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.10.071

Marthalina. (2018). Pemberdayaan Perempuan dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan, 3(1), 59–76.

Prayudi, M. A., Vijaya, D. P., & Ekawati, L. P. (2019). What drives MSME performance? The role of gender, operational aspects, and social environment. Journal of Contemporary Accounting, 1(2), 65–84. https://doi.org/10.20885/jca.vol1.iss2.art1

Resmi, S., Pahlevi, R. W., & Sayekti, F. (2020). The growth of creative micro, small, and medium enterprises (Msmes) business in special region of yogyakarta before and after covid-19 pandemic. International Journal of Entrepreneurship, 24(4), 1–8.

Satpayeva, Z. T., Kireyeva, A. A., Kenzhegulova, G., & Yermekbayeva, D. (2020). Gender equality and women business of framework 5Ms in Kazakhstan: Analysis and basic directions. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(3), 253–263. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no3.253

Tambunan, T. T. H. (2019). The impact of the economic crisis on micro, small, and medium enterprises and their crisis mitigation measures in Southeast Asia with reference to Indonesia. Asia and the Pacific Policy Studies, 6(1), 19–39. https://doi.org/10.1002/app5.264

UNICEF. (2020). Mengatasi Hambatan Gender Dalam Kewirausahaan dan Kepemimpinan Bagi Anak Perempuan Muda di Asia Tenggara. 1–113.

Wei, L. C., & Wardhani, B. (2018). The Growth of Large, Middle, Small and Micro Enterprises 2012-2013 1 Website of Ministry of Cooperative and MSME, MSME Data: The Growth of Large, Middle. 1–16. http://irai.co.id/wp-content/uploads/2018/09/Indonesia-Women-SMEs-Report-FINAL-31-Aug-18.pdf

Widia, E., & Octafia, S. M. (2022). Eksistensi UMKM Perempuan Di Masa Krisis: Kajian Tantangan dan Peluang di Kota Tangah Kota Padang. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9, 111–126. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/14622

Widia, E., & Octafia, S. M. (2023). The role of social capital for the development of women ’ s enterprises : A case study of MSMEs in Padang City. 13(2), 219–230.

Widia, E., & Putra, D. J. (2023). Strategi Perluasa Pasar Menggunakan Digital Marketing Melalui Pelatihan Pembuatan Toko Online Di Kota Bukittinggi. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 35–44. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/diseminasi/article/view/3449/1367




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.4871

Article Metrics

Sari view : 171 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.