Desentralisasi Dan Upaya Peningkatan Otonomi Daerah: Menuju Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia

Hari Suriadi, Aldri Frinaldi, Lince Magriasti, Lara Yandri

Sari


Desentralisasi dan otonomi daerah telah menjadi isu sentral dalam reformasi pemerintahan Indonesia. Artikel ini mengulas konsep desentralisasi dan upaya peningkatan otonomi daerah sebagai langkah strategis menuju pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi dampak positif desentralisasi terhadap pengambilan keputusan lokal, partisipasi masyarakat, dan pengembangan ekonomi daerah. Dalam analisis ini, membahas kebijakan-kebijakan desentralisasi yang telah diterapkan di Indonesia. Menyoroti peran otonomi daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, memperkuat identitas lokal, dan mengurangi ketimpangan regional. Artikel ini juga membahas tantangan dalam implementasi desentralisasi, termasuk kesenjangan kapasitas antara pemerintah pusat dan daerah, serta masalah koordinasi antar-pemerintah daerah. Selain itu, kami menyoroti inisiatif dan praktik terbaik dari beberapa daerah di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan otonomi daerah dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Dengan mengevaluasi keberhasilan dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi desentralisasi, artikel ini menyajikan rekomendasi kebijakan untuk memperkuat desentralisasi dan meningkatkan otonomi daerah. Rekomendasi ini melibatkan penguatan kapasitas pemerintah daerah, peningkatan transparansi, dan pemberdayaan masyarakat dalam pengambilan keputusan lokal. artikel ini menyimpulkan bahwa desentralisasi yang efektif dan peningkatan otonomi daerah adalah kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dengan memperkuat peran pemerintah daerah, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan mengatasi tantangan-tantangan yang ada, Indonesia dapat melangkah maju menuju masa depan yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan adil bagi semua lapisan masyarakat.

Kata Kunci : Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pembangunan Daerah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, M. Z. (2015). Tinjauan atas pelaksanaan keuangan desa dalam mendukung kebijakan dana desa. Jurnal ekonomi & kebijakan publik, 6(1), 61–76.

Aziz, N. L. L. (2020). Membangun identitas nasional dalam perspektif desentralisasi dan otonomi daerah. Masyarakat Indonesia, 45(1), 47–60.

Basri, F. H. (2005). Tantangan dan Peluang Otonomi Daerah. Universitas.

Fauzi, A. (2019). Otonomi daerah dalam kerangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik. Spektrum Hukum, 16(1), 119–136.

Guntoro, M. (2021). Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Cendekia Jaya, 3(2), 1–9.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/591

Nuradhawati, R. (2019). Dinamika Sentralisasi Dan Desentralisasi Di Indonesia. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, dan Administrasi Publik, 2(01), 152–170.

Rachmad, A. F., Azaria, E., Xusan, Q. N., & Azzahra, N. (2023). Pengaruh Kebijakan Desentralisasi Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Daerah. JURNAL PENELITIAN SERAMBI HUKUM, 16(02), 75–88.

Rauf, R. (2018). Asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah: Dekonsentrasi, Desentralisasi, dan Tugas Pembantunya. Zanafa Publishing.

Safitri, S. (2016). Sejarah perkembangan otonomi daerah di Indonesia. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/4804

Simanjuntak, K. M. (2015). Implementasi kebijakan desentralisasi pemerintahan di Indonesia. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 7(2), 111–130.

Tasruddin, R. (2015). Proses Kolaborasi Antar Pemerintah, Swasta, Dan Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.4869

Article Metrics

Sari view : 1115 times
PDF - 1076 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.