Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran LKPD pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE, tahap yang dilalui antara lain, analysis, kebutuhan siswa, kurikulum dan karakteristik peserta didik, design, perancangan Teknologi dan materi, development, validasi oleh ahli media dan ahli materi, implementasi, uji coba produk pada kelompok kecil dan terbatas dan tahap akhir evaluasi. Data dianalisis secara kuantitaif dan kualitatif. Produk di validasi oleh ahli Teknologi dengan hasil persentase 89,58%. Validasi ahli materi 83,75%, validasi soal pemahaman konsep 80%. Uji coba kelompok kecil menghasilkan 87,24% sedangkan kelompok terbatas dengan persentase 83,95 %. Sedangkan pemahaman konsep peserta didik dengan nilai thitung > ttabel yaitu 10,66 > 2,10092 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik antara hasil pretest dan posttest. Hal tersebut menunjukkan media Lembar Kerja Peserta Didik pada mata pelajaran matematika telah valid, praktis dan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, LKPD, Problem Based Learning (PBL)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
BSNP, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta, 2006)
Endang Mulytiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan , (Bandung: Alfabeta, 2014)
Fauziyah Kariem Aisyi et al., “Pengembangan Bahan Ajar TIK SMP Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Proyek”, INVOTEC, Vol. 9 No. 2 (2013)
Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Heris Hendriana dan Utari Soemarmo, Penilaian Pembelajaran Matematika, (Bandung: Refika Aditama, 2014)
Made Tegeh dan I made Kirna, “pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model”. Dalam jurnal dosen jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undikshadan Dosen Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha, ISSN 1829-5282
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013)
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4835
Article Metrics
Sari view : 115 timesPDF - 54 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.