Pengaruh Customer Service Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung Pada Bank Nagari Cabang Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022
Sari
Dari latar belakang masalah 1. Bagaimana pengaruh customer service terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022 yang menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan hasil penelitian Variabel X1 berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (8,625 > 1,97) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpukan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.2.Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022, dengan hasil penelitian Variabel X2 berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,445 > 1,97) dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 ditolak.3. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f hitung sebesar 100,288 dengan nilai sig. 0,000. Hasil diatas menunjukkan bahwa f hitung > f tabel yaitu 100,288 > 1,97 dengan nilai sig. f 0,000 < 0,05. Maka H3 diterima, karena terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1, X2 yang secara bersamaan mempengaruhi loyalitas nasabah Y. Maka dari data hasil pengujian mengenai pengaruh customer service dan kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022 dapat diambil kesimpulan bahwa antara variabel customer service dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Pastikan pelayanan kepada nasabah dilakukan dengan baik dan responsif. Evaluasi produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank dan identifikasi peluang untuk mengembangkan atau memperluas portofolio produk. Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi nasabah serta tren pasar saat mengembangkan produk baru.
Kata Kunci: customer service, kualitas produk, loyalitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adillah, Ayu, dkk. (2022). Analisis Risiko Operasional pada Unit Teller dan Customer Service Bank Syariah Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. Cabang Kendari A. Silondae 2). Tesis Doktor. IAIN Kendari.
Atin, Vivi Lutfiatin, & Luthfi Hadi Aminuddin. (2022). "Strategi Customer Service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari dalam Meningkatkan Pelayanan Prima terhadap Prinsip Syariah." Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).
Edi, A. S., & Suherniyatin, S. (2022). "Pengaruh Kualitas Layanan, Peningkatan Intimasi Nasabah, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Nasabah melalui Minat Menabung pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Wiyung Surabaya." WORLDVIEW (Jurnal Ekonomi Bisnis dan Sosial Sains), 1(1).
Ellawati, Yulia. (2017). "Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT BPRS Safir Bengkulu." Tesis Magister. IAIN Bengkulu.
Fahmi, Irham. (2014). Pengantar Perbankan: Teori dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty. ESENSI.
Hasan, Ali. (2010). Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia. Hidayat, Nurul. (2017). "Pengaruh Harga, Promosi, Dan Karyawan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI Britama Di Surabaya Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Mediasi." Tesis Magister. STIE Perbanas Surabaya.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA.
Idiyansyah. (2017). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Bank BNI Syariah KC Fatmawati). Tesis Doktor. Institut PTIQ Jakarta.
Irma Irawati. (2019). Analisis Jenis-jenis Layanan Jasa dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan pada Bank Nagari Unit Syariah Cabang Pembantu Pariaman.
Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Kasmir. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan Edisi I. Jakarta: Kencana Media Group.
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan (Ed. Rev. 2008). Raja Grafindo Press.
Khoirunnisa, T. (2017). "Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank BTN KCP Kopo Bandung." Tesis Magister. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.
Kotler, P. (2006). "Pemasaran Menjawab Pertanyaan Anda." Jakarta. Krisni D. N. (2014). Peranan Customer Service dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung. Kunaifi, A., Kurniawan, E., & Fajar, D. (2022). "Pengaruh Local Wisdom dan Human Spirit Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Surabaya." Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1)
Lutfiatin, V. (2022). Strategi Customer service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Prinsip Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Mujiono, S. (2018). "Implementasi Relationship Marketing dan Customer Experience dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu." Tesis Magister. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Pratama, M. D. I. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Nasabah Tabungan Pasif pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas Kantor Cabang Padang Panjang.
Pravika, L. N. (2017). Analisis Loyalitas Nasabah dalam Menabung di BRI Syariah KCP Pati (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4834
Article Metrics
Sari view : 116 timesPDF - 50 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.