MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU KELAS IV DI DAERAH BINAAN UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN LEMBAH SEGAR

Osdayeni , S.Pd

Sari


Berdasarkan hasil pemantauan melalui supervisi akademik dan hasil dari penelitian eksplorasi di Daerah Binaan (Dabin ) Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto masih ditemukan  guru yang mengajar belum mengkaji ulang pengembangan silabus dan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kompetensi yang akan diajarkan, sehingga dalam pelaksanakan proses pembelajaran tidak terrencana dengan baik ,karena mungkin terjadi materi yang berulang-ulang diberikan pada siswa, sedangkan  kompetensi yang lain tidak tersampaikan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil observasi silabus pada siklus pertama di peroleh data peningkatan prosentase kesesuaian  yaitu pada  komponen penentuan materi ajar dari 53,3 % menjadi 80 %, Kegiatan pembelajaran meningkat dari 26,7% menjadi 80%, Indikator dari 26,7 % menjadi 100 %, jenis penilaian dari 53,3% menjadi 80%.Sedangkan pada siklus kedua yaitu penyusunan RPP ada peningkatan dalam hal menentukan model pembelajaran sudah ada peningkatan yaitu : dari 26,7 % meningkat menjadi 80 % dan aspek penilaian dari 26,7 % meningkat menjadi  80 %, Indikator meningkat dari 26,7% menjadi 80%, tujuan pembelajaran meningkat dari 53,3% menjadi 80%, materi ajar dari 28,7% menjadi 80%. Kesimpulan bahwa : Pembinaan Kolaboratif dapat meningkatkan kamampuan guru dalam membuat pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Saran-saran dalam penelitian ini adalah agar guru menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar terarah

Kata kunci : Kemampuan dan Supervisi Akademik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang :”Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru”, Jakarta.

BNSP. (2007). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2004. “Perencanaan Pembelajaran”Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang :”Standar Proses”Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sudjana, Nana. 2011.Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jakarta : Binamita Publishing.

Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan.

………………Nomor 14 Tahun 2005.jakarta: Sinar Grafika.

………………Nomor 19 Tahun 2005 Tentang tentang Standar Nasional Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i73.48

Article Metrics

Sari view : 136 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.