Pengaruh Multimedia Pembelajaran Kandidiasis Oral Berbasis Autoplay Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Hartati Sinaga, Abu Bakar, Okmes Fadriyanti

Sari


ABSTRAK

 

Era globalisasi yang mengalami perubahan serta perkembangan ilmu pengetahuan banyak menawarkan kemudahan dalam pembelajaran dunia pendidikan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan sumber daya yang berkualitas. Tujuan yang dilakukan agar pembelajaran lebih menarik yaitu dengan adanya bantuan media pembelajaran, salah satu aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran yaitu autoplay. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan sarjana kedoktean gigi Universitas Baiturahmah dengan jumlah 90 orang sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional dan 90 orang sebagai kelompok perlakuan dengan metode autoplay. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest dan teknik analisis data menggunakan 2 uji yaitu Wilcoxon dan uji Mann Whitney-Test. Analisis data yang dilakukan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan hasil pembelajaran metode konvensional pretest 3.3% dengan kategori tingkat pengetahuan baik naik menjadi 80.0% saat posttest, dan metode pembelajaran autoplay pretest 16.7% dengan kategori baik naik menjadi 94.4% saat posttest dengan nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0.000 atau <0.05, maka Ha diterima. Hasil uji Mann-Whitney terdapat perbedaan antara nilai akhir pembelajaran dengan metode konvensional dan autoplay dengan rata-rata pada pembelajaran konvensional 68.19 sedangkan metode autoplay 112.81 dengan p-value 0.00 <0.05. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan, hasil dari penelitian ini autoplay dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran

  Kata Kunci : Autoplay, Kandidiassi Oral, Multimedia pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ain, M. 2018. “Pengaruh Penggunaan

Autoplay Media Studio Dan Focusky Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 1(2):61–78.

Anantyarta, and Setiawan. 2021. “Abdimas Galuh.” Abdimas Galuh 3(2):276–87.

Anshori, Sodiq. 2019. “Pemanfaatan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 2(1):88–100.

Darsini, Fahrurrozi, and Eko Agus

Cahyono. 2019. “Pengetahuan ; Artikel

Review.” Jurnal Keperawatan 12(1):97.

Effendy, Ilham. 2016. “Pengaruh

Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a Pada Siswa SMK

Negeri 2 Lubuk Basung.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(2):81–88.

Ichsan, Jazilatur Rahmah, Maya Ayu Putri Suraji, Firda Anistasya Rosyada Muslim, Walimatus Aulia Miftadiro, and Nur Aini Fara Agustin. 2021.

“MediaAudioVisualDalam

Pembelajaran Di Sekolah Dasar.”

Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021) 183–88.

Iswari, Anggita Putri, Ernawati Sri Sunarsih, and A. G. Thamrin. 2017.

“The Comparison on Result of

Learning Between Using Conventional Learning Model and Team Accelerated Instruction Subject Drawing Building Construction in Class X Tgb Smkn 2

Surakarta.” Indonesian Journal Of Civil Engineering Education 1(2):1–9. doi: 10.20961/ijcee.v1i2.18092.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti,

AzzahraWardatulJannah,Iis

Susilawati, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021.

“PentingnyaMediaPembelajaran

Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains

(2):312–25.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar

Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–

doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Maula, Rista Ni’matul, and Fitria Fatchatul Hidayah. 2019. “Analisis

Minat Belajar Siswa Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Ditinjau Dari

Perspektif Gender.” Seminar Nasional

Edusainstek FMIPA UNIMUS (2006):421–29.

Mulya,AprilianPrakasa.2020.

“Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas V Sd

Negeri Sagan.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 9(6):612–27.

Mulyanti, Wida, Setyo Wati, and Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

“JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 9 No . 1 Januari 2022

TRANSITIVITYSYSTEMIN

NARRATIVE TEXTS.” 9(1):133–46.

Nisa, Khairun, Mustika Wati, and Andi

Ichsan Mahardika. 2019.

“Pengembangan Media Pembelajaran

Berbantuan Aplikasi Autoplay Media

Studio Pada Pokok Bahasan Fluida

Dinamis Di Sma.” Jurnal Ilmiah

Pendidikan Fisika 1(1):13. doi:

20527/jipf.v1i1.925.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku.

Nur’aeny, Nanan, Wahyu Hidayat,

Tenny Setiana Dewi, Erna Herawati, and Indah Suasani Wahyuni. 2017. “Profil Oral Candidiasis Di Bagian Ilmu Penyakit Mulut RSHS Bandung

Periode 2010-2014.” Majalah Kedokteran Gigi Indonesia 3(1):23. doi: 10.22146/majkedgiind.11320.

Nurwahidah, Cut Dhien, Zaharah

Zaharah, and Ibnu Sina. 2021. “Media

Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi

Mahasiswa.” Rausyan Fikr : Jurnal




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4750

Article Metrics

Sari view : 84 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.