Pengaruh Gula Pasir Dan Madu Sebagai Sumber Karbon Dalam Fermentasi Kombucha Air Kelapa Sebagai Minuman Fungsional

Lisa Yusmita, Sri Mutiar

Sari


Abstrak

Kelapa merupakan salah satu komoditi perkebunan yang paling potensial di Provinsi Sumatera Barat. Pengembangan produk pangan berbasis kelapa memiliki peluang besar untuk diteliti terutama produk turunan yang bersifat fermentasi dan memiliki efek positif secara fisiologis. Salah satu produk fermentasi dengan memanfaatkan air kelapa adalah berupa produk minuman fungsional. Minuman fungsional yang bisa dibuat dengan memanfaatkan air kelapa adalah kombucha. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik, mikrobiologi dan kimia minuman fungsional kombucha air kelapa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL)  dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. adapun perlakuan pada penelitian ini yaitu pembuatan kombucha air kelapa tanpa penambahan gula/madu, penambahan gula pasir 10%, penambahan madu 10%, gula pasir 15% dan madu 15%.  Kemudian data pengamatan dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada nyata taraf 5 %. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan didapatkan nilai ketebalan nata kombucha air kelapa antara 0,54 cm – 1,18 cm , Angka Lempeng Total berkisar antara 0,018 x 106 - 1,34 x 106, nilai pH antara 3,44 – 4,07 dan total padatan terlarut berkisar antara 3,20 0Brix – 16,24 0Brix.

Kata Kunci: air kelapa, kombucha, minuman fungsional, scoby


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Nanda, Prendis Betha, dkk. Perbedaan Kadar Air, Glukosa dan Fruktosa pada Madu Karet dan Madu Sonokeling.

Nainggolan, J. 2009. Kajian Pertumbuhan Bakteri Acetobacter sp. Dalam Kombucha-Rosela Merah (Hibiscus Sabdariffa) Pada Kadar Gula dan Lama Fermentasi Yang Berbeda. Tesis. Universitas Sumatera Utara: Medan

(Pengaruh Pemanfaatan Molase Terhadap Jumlah Mikroba Dan Ketebalan Nata Pada Teh Kombucha, Mades Fifendy ; Eldini ; Irdawati, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 10-12 Mei 2013 .

Sari Rahmadani & Gita Cahya Eka Darma & Fitrianti Darusman. Karakterisasi Fisik Scoby (Symbiotic Culture Of Bacteria And Yeast) Teh Hitam dalam Menyerap Eksudat Luka. Prosiding Farmasi. Volume 7, No. 2, Tahun 2021. ISSN: 2460-6472.

Pratiwi, A., Aryawati, R. (2012). Pengaruh Waktu Fermentasi Terhadap Sifat Fisik dan Kimia pda Pembuatan Minuman Kombucha dari Rumput Laut Sargassum sp, Maspari Journal, 2012, 4(1), 131-136, Program Studi Ilmu Kelautan FMIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya.

Rezaee A., Solimani S, Forozandemagadam M. 2008. Role of Plasmid in Production of Acetobacter Xylinum Biofilm. Faculty of Medical Sciences. Tarbiat Modares University, Tehran, Iran.

Naland, H. 2008. Kombucha, Teh dengan Seribu Khasiat. Jakarta. Agromedia Pustaka. 68 hal

Fardiaz, S. 1987. Fisiologi Fermentasi. Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. Bogor. IPB

Hidayat, N., Padaga C. M. dan Suhartini, S. 2006. Mikrobiologi Industri. Yogyakarta. Penerbit Andi. 198 hal

Nurhayati, dkk. 2020. Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Kombucha Cascara (Kulit Kopi Ranum). Jurnal Teknologi dan Industri Pangan Vol. 31 (1) : 38 – 49.

Anugrah, S.T. 2005. Pengembangan produk Kombucha Probiotik Berbahan Baku teh hitam (Camelia sinensis). Skipsi. Fakultas Teknologi Pertanian, IPB: Bogor.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4749

Article Metrics

Sari view : 327 times
PDF - 490 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.