Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di SMP N 2 Enam Lingkung
Sari
ABSTRAK : Fenomena tingginya intensitas penggunaan smartphone sehingga tingkat konsentrasi siswa dalam belajar dapat menurun, maka diperlukan adanya perhatian khusus pada remaja di SMP N 2 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi Belajar Siswa di SMP N 2 Enam Lingkung Tahun 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan bulan Juli-Agustus 2023dengan jumalh Sampel sebanyak 60 orang siswa. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Uji statistik menggunakan Chi Square derajat kemaknaan (p value< α 0,05). Hasil penelitian didapatkan penggunaan Smartphonepada kelas VII dan VIII berada pada kategori tinggi sebanyak 34orang (56.7%). Konsentrasi belajar pada kelas VII dan VIII berada pada kategori tinggi yaitu 31 (51.7%). Kesimpulan penelitian ini ,terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar siswa di SMP N 2 Enam Ligkung tahun 2023. Penelitian ini diharapakan menjadi bahan acuan bagi institusi mengenai dampak penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar, sehingga perlua diawasi lebih ketat untuk masa depan generasi yang akan datang.
Kata Kunci : Penggunaan Smartphone, Konsentrasi Belajar, Siswa SMP
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adelia, T., Fauzi, T., & Arizona, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 6 Prabumulih. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 35. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5153
Badriyah, R. (2021). Hubungan antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar siswa : studi kreatifitas dalam smartphone untuk pembelajaran. Journal of Creative Attitudes Culture, 2(1), 3–6. https://www.journalofdiversity.com/index.php/jcac/article/view/37/33
Fajriani, P. N., Rosyid, A., Pdi, S., Kunci, K., Otak, S.,& Belajar, K. (n.d.).PENGARUH PENERAPAN SENAM OTAK TERHADAP KONSNETRASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SD KATOLIK RICCI 2 Abstract This research is motivated by the phenomenon oflow learning concentration found in class V A. Without concentration, learning will not run optimal. 338-352.
Hantono,2020.Metodologi Penelitian Skripsi dengan Aplikasi SPSS.Medan:Penerbit Mitra Group.
Indri Kristiwati, Irfan, A. (2020). Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa. Edu Sociata Jurnal Pendidikan Sosiologi Volume, III(1), 43-52.
Marhaeni, L. P., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(3), 137–147.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling , 5(2), 55-64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Notoadmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo,2021.Metodologi Penelitian Kesehatan.Rineka Cipta.Jakarta.
Pratama, D., Sari, Y. P., & Olahraga, P. (2021). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN REMAJA. 1(3), 1-9.
Retnaningsih, M.K. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobongan.Jurnal Ners Widya Husada Semarang,1 (1),4350.http://stikeswh.ac.id:8082/journal/index.php/jners/article/view/14
Sobon ,K.,Mangundap,J.M.,&,S.(2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik:Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar,3(2),97-106.https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38
Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH
Sugiyono,2020.Metode Penelitian Kesehatan.Bandung:Alfabeta.
Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 574. https://doi.org/10.29210/30032126000
Sobon ,K.,Mangundap,J.M.,&,S.(2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik:Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar,3(2),97-106.https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38
Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH
Sugiyono,2020.Metode Penelitian Kesehatan.Bandung:Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4743
Article Metrics
Sari view : 189 timesPDF - 107 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.