MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) KOTA PAYAKUMBUH

Agung Fainendo, Syafruddin Nurdin, Zulmuqim Zulmuqim

Sari


Abstrak

Isu sentral dalam penelitian ini adalah persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan adalah ketika menghadapi peserta didik penyandang disabilitas. kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran PAI pada SLB di Kota Payakumbuh yang memiliki 10 SLB  sangat diharapkan dapat berkontribusi positif dengan cita-cita dan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan agama di sekolah yang diamanatkan oleh negara. Juga sesuai dengan motto Provinsi Sumatera Barat sebagai “Daerah yang Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”. Bahkan apa yang dilakukan oleh SLB-SLB yang ada di Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu terobosan positif untuk membina dan mendidik anak berkebutuhan khusus di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SLB Kota Payakumbuh yang berjumlah 10 orang dan guru Pendidikan Agama Islam yang berada di SLB Kota Payakumbuh. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pada umumnya manajemen kepemimpinan kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh belum maksimal. Hal ini dikarenakan  ada diantara kepala sekolah yang  belum mampu mengelola dengan baik lembaga yang dipimpinnya. Ada diantara SLB Kota Payakumbuh yang masih kekurangan  guru dalam mengajar, bahkan guru PAI yang fungsinya pun sebagai guru mata pelajaran juga diminta untuk mengajar mata pelajaran yang belum sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, dalam hal pengelolaan program pengajaran guru PAI pun ditempatkan tidak sesuai pada tupoksi yang seharusnya,  dalam hal sarana dan prasarana, sekolah belum mampu menyediakan seluruh media pembelajaran yang dibutuhkan, dan dalam pengelolaan hubungan sekolah dengan orang tua, terlihat belum seluruh orang tua siswa/i perhatian terhadap kegiatan sekolah.

 

Kata kunci: Manajemen Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB), Pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Abdurrahman, Hafidz. Diskursus Islam Politik dan Spiritual. Cet. 3; Jakarta: Al-Azhar Press, 2010.

Ali, Maisaroh. ”Membangun Karakter Keislaman Anak Usia Dini, Studi Kasus TK Aisyiyah DKI Jakarta”. Disertasi. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Alifah, Nur. “Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SLB Alam Nurul Islam Sleman”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 26, Tahun ke-5, 2016.

Annur, Fauzi. “Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan (Studi Kasus di SLB Nuh Hidayah Surakarta)”. Jurnal al-Tarbawi. Volume 1, Nomor 1, Januari – Juni 2016.

Aziz, Hamka Abdul. Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati, Akhal Mulia Pondasi Membangun Karakter Bangsa. Cet. 3; Jakarta: al-Mawardi Prima, 2012.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Creswell, John W. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, diterjemahkan oleh Achmad fawaid dengan judul Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cet. 1; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam, Pengembangan Ilmu Berparadigma Islam. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Echols, John M. & Hassan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Cet. XXIV; Jakarta: PT Gramedia, 2000.

Emzir. Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Ed. 1, Cet. 9; Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Hamid, Hamdani & Beni Ahmad Saebani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Cet. 1; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2013.

Kunandar. Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Lickona, Thomas. Educating for Character, How Our School can Teach Respect and Responsibility, diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo, Mendidik untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Ed. 1, Cet. 3; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. 13; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Ed. 1, Cet. 4; Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Munawwar, Ahmad Warson. Al-Munawwir, Kamus Arab Indonesia. Cet. 14; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Al-Mundziri, Imam. Muhktashar Shahih Muslim. Diterjemahkan oleh Achmad Zaidun dengan judul Ringkasan Hadis Shahih Muslim. Cet. 2; Jakarta: Pustaka Amani, 2003.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidemensional. Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nugroho, Adi Fadjar. Keragaan Kurikulum, A-Z Administrasi Kurikulum SLB di Kota Payakumbuh Payakumbuh, Dokumen Sekolah.

Nurdin. “Fenomena Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Islam Terpadu, Studi di SLB al-Qalam Payakumbuh”. AL-MUNZIR, Jurnal Komunikasi dan Bimbingan Islam. Vol. 5, No. 2, November 2012.

PP Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Primarni, Amie dan Khairunnas, Pendidikan Holistik, Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Cet. 1; Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2013.

Q-Anees, Bambang dan Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur’an. Cet. 2; Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Qutb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam, terjemahan Salman Harun. Cet. 1; Bandung: PT. Al-Ma'arif, 1984.

Rasagama, I Gede. “Memahami Implementasi Educational Research and Development”. Makalah. Disampaikan dalam Pelatihan Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Dosen Unit Pelayanan Mata Kuliah Umum dan Unit Lainnya di Politeknik Negeri Bandung, tanggal 16 Agustus 2011.

Renstra Kemendiknas 2010-2014, bab III.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Cet. 3; Bandung: PT. Rosdakarya, 2013.

Satori, Achmat "Globalisasi nan Gombal", dalam Suara Hidayatullah. Ed. 11/XVIII/Maret 2006.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 25; Bandung: Alfabeta, 2017.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 2; Bandung: PPs UPI bekerjasama dengan PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Suyatno. “Sekolah Islam Terpadu: Filsafat, Ideologi dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam. Volume II, Nomor II, Desember 2013/1435.

Suyatno. “Sekolah Islam Terpadu dalam Sistem Pendidikan Nasional”, Jurnal Al-Qalam. Volume 21, Nomor 1, Juni 2015.

Suyatno.” Integrasi Ilmu di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SLB Lukman al-Hakim Surakarta)”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Jilid I, Nomor 3, April 2014.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cet. 1; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Tim Direktorat Pendidikan Madrasah. Wawasan Pendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Kemenag RI, 2010.

Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010.

Wibowo, A.M. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Yogyakarta”. EDUKASI. Volume 12, Nomor 3, September-Desember 2014.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar dan Implementasi. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Prenada Media, 2014.

Yusra, Nelly. “Implementasi Pendidikan Akhlak di Sekolah dasar Islam Terpadu (SLB) Al-Badr Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar”. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. Volume 2, Nomor 1, Juni 2016.

Zainuddin, H.M. Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN malang Press, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4739

Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.