Pengaruh Social Media Influencer, Viral Marketing, Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Melalui Aplikasi Youtube (Studi Kasus Mahasiswa Undhari 2019-2022)

Kelik Purwanto, Mayroza Wiska, Tri Hardiyanti

Sari


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa banyak menggunakan scarlett walaupun tergolong mahal, mahasiswa banyak yang membeli scarlett karena melihat tren (viral) atau terpengaruh oleh rayuan teman , mahasiswa banyak yang menonton video tutorial pemakaian scarlett di youtube, namun mereka kurang memperhatikan secara detail, mahasiswa banyak yang beranggapan jika menggunakan skincare scarlett akan membuatnya lebih glowing seperti influencer scarlett, dan mahasiswa membeli produk scarlett tanpa mencari informasi dari pihak lain yaitu ke dokter kulit. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh social media influencer, viral marketing, dan content marketing terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening melalui aplikasi youtube (studi kasus mahasiswa undhari angkatan 2019-2022). Metode analisis pada penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial social media influencer, viral marketing, dan content marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian produk scarlett whitening melalui aplikasi youtube. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan social media influencer (X1), viral marketing (X2), dan content  marketing (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening melalui aplikasi youtube (Y).   

Kata Kunci: social media influencer, viral marketing, content marketing, keputusan pembelian, youtube


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajis, M. T. Et Al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Social Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 212–223.

Amaliya, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. In Economic Education Analysis Journal (Vol. 6, Issue 3).

Amelia, F., Wasiat, I., Bertuah, E., & Unggul, U. E. (2022). Pengaruh Digital Marketing , Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review Di Instagram. 1(3), 513–532.

Andika, H. M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee ( Studi Kasus Generasi Z Di Kabupaten Maros).

As’ad, S. M. (2020). Analisis Pengaruh Viral Marketing, Dan Brand Awareness Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Ngikan Tebet).

Ati, S. A. L. (2021). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus Mahasiswi Iain Purwokerto).

Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Viral Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Marketplace. 7(4), 560–569.

Fajriyah, A., & Karnowati, N. B. (2022). Pengaruh Viral Marketing , Electronic Word Of Mouth , Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Bangi Cafe Cilacap Pengaruh Viral Marketing , Electronic Word Of Mouth , Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Bangi Cafe Cilacap. 98–112.

Furqon, M. A., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Madura, U. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. 4(1), 79–90.

Harahap, W. Y. F. (2022). Pengaruh Marketing Influencer Dan Komunikasi Pemasaran (Viral Marketing) Di Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Pada Mahasiswa Uin Suska Riau.

Harianti, S. E. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Influencer Pada Tik Tok Terhadap Keputusan Pembelianproduk Prettywell Kota Kediri.

Helena, M., & Chris, E. (2021). Pengaruh Efektivitas Iklan Youtube Terhadap Brand Image. 2(2).

Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-Wom, Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding Biema, 1(1), 60–74.

Jatiwinoto, J. (2018). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Pengaruh Viral Marketing Terhadap Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Keller, Philip Dan Gary Amstrong (2012).Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hell

Keller, Philip Dan Gary Amstrong (2016).Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hell

Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut). Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan Dan Perbankan, 18(1), 33–38. Https://Jurnal.Stieyasaanggana.Ac.Id/

Mahdia, A. (2018). Pengaruh Konten Influencer Di Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja Akhir. Jurnal Psikologi, 11(2), 172–179. Https://Doi.Org/10.35760/Psi.2018.V11i2.2262

Mahendri, W. (2022). Pengaruh Social Media Influencer, Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Wisnu Mahendri 1 , Muhammad Lutfi 2 1,2. 05.

Monica. (2019a). Pengaruh Viral Marketing , Celebrity Endorser , Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado The Influence Of Viral Marketing , Celebrity Endorser , And Brand Awareness. 7(3), 2691–2700.

Monica. (2019). Pengaruh Viral Marketing , Celebrity Endorser , Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado The Influence Of Viral Marketing , Celebrity Endorser , And Brand Trust On Purchasing Decision At Sang Pisang Manado. 7(3).

Munawaroh. (N.D.). Pengaruh Selebrity Endorser, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Asrama Undhari).

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju Analysis Of Marketing Strategy To Increase Sales At Ibu Bagas ’ S Business In Mamuju District. 1(1), 1–13.

Narottama, N., Pariwisata, F., Udayana, U., Erinda, N., Moniaga, P., Pariwisata, F., & Udayana, U. (N.D.). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pendahuluan. 8, 741–773.

Nasrullah. (2015). Medis Sosial: Perspektif, Komunikasi, Budaya, Dan Sositeknologi.4,40-42

Ngadimen, A. N., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Online Customer Review, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management And Digital Business, 1(2), 122–134. Https://Doi.Org/10.53088/Jmdb.V1i2.134

Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer Dan Trustworthiness Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over ( Di Royal Plaza ) Rima Rohmatun Nisa. 07(02), 479–482.

Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Compass (Studi Pada Konsumen Sepatu Compass Di Malang).

Pratama, A., Anggraeni, R., Tinggi, S., Komunikasi, I., & Studi, I. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. 1(1), 16–30.

Pratiwi Septia, C. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. 18(1), 192–204.

Program, M., Pendidikan, S., Niaga, T., Ekonomi, F., & Negeri, U. (2018). Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( Jptn ) Issn : 2337-6708 Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018 Pengaruh Viral Marketing , Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya Nur Laili Hidayati Abstrak Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( Jpt. 06, 77–84.

Rukmana, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen Distro88).

Resty, Fenisi.(2021). Metodologi Penelitian. Dharmasraya:Koto Padang

Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z The Influence Of Content Marketing And E-Wom On Tiktok Social Media Toward Generation Z Purchasing Decisions. 17(3), 505–512.

Setiadi, A. (2019.). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. 1.

Shabrina, V. G., Komunikasi, M., & Indonesia, U. (2019). Jurnal Pewarta Indonesia. 1(2), 131–141.

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing ,Influencer ,Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Pada Pengguna Instagram Dan Tiktok Di Kota Magelang ). 11, 1–11.

Sugiyono. (2013). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta

Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2021). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention.

Zelin Dinda Pratiwi.(2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Pada Mahasiswa Iain Ponorogo




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4732

Article Metrics

Sari view : 1110 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.