Systematic Literature Review Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital

Tio Saputra, Aldri Frinaldi

Sari


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya menyatakan bahwa diperlukannya inovasi pelayanan publik berbasis digital. Penelitian literature review ini bertujuan untuk mengetahui inovasi apa saja yang telah berkembang dan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan dari inovasi pelayanan berbasis online. Tulisan ini merupakan literature review dari artikel penelitian. Review ini menggunakan metode evaluasi yang diawali dengan pertanyaan penelitian “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital?”. Penelusuran artikel melalui Google Scholar dengan kata kunci yang digunakan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital. Kriteria artikel yang digunakan yaitu dipublikasikan 5 tahun terakhir yaitu dari 2018 sampai 2022, jurnal mempunyai judul dan isi yang sesuai dengan tujuan penelitian, full text, dan keterkaitan dengan inovasi pelayanan publik. Hasil rewiew didapatkan adanya inovasi pelayanan publik berbasis digital sangat membantu dalam mekanisme penyelenggaraaan pelayanan publik, juga menjadi salah satu bentuk terobosan baru dalam proses reformasi administrasi dan birokrasi. Berdasarkan hasil studi literature ini, ditemukan beberapa hal yang harus sangat di perhatikan dari inovasi pelayanan publik berbasis online yaitu : faktor pendukung inovasi, faktor pendukung implementasi, penilaian dalam kualitas pelayanan publik dan kekurangan dalam inovasi pelayanan publik berbasis online yang berlandaskan pada teori-teori ahli untuk penilaiannya. Kata Kunci : inovasi, pelayanan publik, digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Shboul, Muhannad, Osama Rababah, Moh’d Al-Shboul, Rawan Ghnemat, and Samar Al-Saqqa. 2014. “Challenges and Factors Affecting the Implementation of E-Government in Jordan.” Journal of Software Engineering and Applications 07(13):1111–27. doi: 10.4236/jsea.2014.713098.

Alshehri, Mohammed, and Steve J. Drew. 2011. “E-Government Principles : Implementation , Advantages and Challenges.” 9(3):255–70.

Andana Adytia Kusuma, Sadu Wasistiono, and Andi Pitono. 2021. “Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.” VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 13(2):145–58. doi: 10.54783/jv.v13i2.422.

Arianto, Bambang. 2022. “Melacak Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Provinsi Banten.” JRK (Jurnal Riset Komunikasi) 13(1):113. doi: 10.31506/jrk.v13i1.15788.

Bambang Irawan. 2013. “Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru Dalam Pelayanan Publik Bambang.” Jurnal Paradigma (JP) 2(29 Suppl):54–68.

Denford, James S., Gregory S. Dawson, and Kevin C. Desouza. 2017. “Exploring IT-Enabled Public Sector Innovation in U.S. States.” Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences 2017-January:5174–83. doi: 10.24251/hicss.2017.628.

Duriat, Ahtu, Rifqi Khairul Arifin, and Hari Busthomi Ariffin. 2022. “Pelayanan Publik Berbasis Inovasi ( E-Government ) Dalam Menghadapi Revolusi Society 5 . 0 Di Kota Bandung.” 9(2):615–22.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. 1st ed. Yogyakarta: Gava Media.

Indonesia, Presiden Republik. 2009. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA.

Kalvet, Tarmo. 2012. “Innovation: A Factor Explaining e-Government Success in Estonia.” Electronic Government 9(2):142–57. doi: 10.1504/EG.2012.046266.

Kartika, Dwi Febi, and Trenda Aktiva Oktariyanda. 2022. “Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Adminisitrasi Kependudukan) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik.” Publika 245–60. doi: 10.26740/publika.v10n1.p245-260.

Kurniawan, Robi Cahyadi. 2017. “Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah.” FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 10(3):569–86. doi: 10.25041/fiatjustisia.v10no3.794.

Kurniawati, Nia Kania, and Danang Eka. 2017. “THE CASE STUDY ON THE INNOVATION OF PUBLIC SERVICES.” (23):1–2.

Kusnadi, Danang, and Jamal Ma’ruf. 2015. “Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan Dan Potensi Kelurahan : Studi Kasus: Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu.” Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ) 5(2):37–44.

Lestari, Puji Ayu, Amelia Tasyah, Anada Syofira, Cintania Ade Rahmayani, Rizka Dwi Cahyani, Novita Tresiana, and Universitas Lampung. 2021. “Digital-Based Public Service Innovation (E-Government) in the Covid-19 Pandemic Era.” Jurnal Ilmu Administrasi 18(2):212–24.

Mala, Iva Khoiril. 2021. “E-Government : Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang.” Jurnal At-Tamwil 3(2):154–66.

Marom, Aufarul. 2015. “Inovasi Birokrasi Pelayanan Publik Bidang Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Di Kabupaten Kudus.” Gema Publica 1(1):45. doi: 10.14710/gp.1.1.2015.45-63.

Muluk, Khairul. 2008. “Knowledge Management : Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah.” 44–45.

Sellfia, Novy Riesa, Usep Dayat, and Lina Aryani. 2022. “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Dalam Aplikasi Sampurasun Purwakarta.” Kinerja 18(4):590–98. doi: 10.30872/jkin.v18i4.10363.

Zica, Tsamara Dilla, and Eva Hany Fanida. 2012. “Melalui Aplikasi Administrasi Kependudukan Cepat Akurat.” 487–98.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4534

Article Metrics

Sari view : 625 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.