Inovasi Yang Ditawarkan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Bagaimana Implementasinya

Oggie Bima Nugraha, Aldri Frinaldi

Sari


Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) adalah salah satu inovasi pendidikan yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2020. Inovasi ini muncul sebagai respon atas banyaknya tantangan yang dihadapi dunia pendidikan, termasuk kemajuan teknologi dan perubahan sosial yang pesat. Metode yang penulis gunakan di dalam artikel jurnal ini ialah metode kepustakaan atau metode literatur. Inovasi KMB: 1. Pemilihan mata pelajaran, 2. Pembelajaran berbasis proyek 3. Kegiatan ekstrakurikuler. 4. Pengembangan karakter dan 5. Teknologi pendidikan. Implementasi KMB dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari sosialisasi, pelatihan, hingga penerapan di kelas. Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan dan dorongan dalam bentuk pengembangan bahan ajar dan pemberian akses terhadap sumber belajar yang beragam. Kolaborasi antara guru, peserta didik, dan orang tua sangat penting dalam mendukung dan menunjang pembelajaran yang efektif. Guru harus dapat memahami kebutuhan dan minat peserta didik serta memperoleh masukan dari orang tua untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Kurikulum, Merdeka, Belajar, Implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak wabah COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Apriliyanti, D. L., Suryani, L., & Rohmat, F. N. (2022). Pelatihan pembuatan butir soal menggunakan Google Form pada MGMP Bahasa Inggris pada tingkat SMP di Cihampelas Kabupaten bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 62–72. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6874

Bonal, X., & González, S. (2020). The impact of lockdown on the learning gap: family and school divisions in times of crisis. International Review of Education, 66(5–6), 635–655. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09860-z

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in COVID-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Connaway, L. S., & Radford, M. L. (2017). Research methods in Library and Information Science (6th ed.). Libraries Unlimited.

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi sebagai solusi alternatif pendidikan di Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967

Dewi, M. P., & Wajdi, M. B. N. (2021). Distance learning policy during pandemic COVID-19. EDUTEC: Journal of Education and Technology, 4(3), 325–333. https://doi.org/10.29062/edu.v4i3.192

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. PROSPECTS. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17). https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Hamdan, K. M., Al-Bashaireh, A. M., Zahran, Z., Al-Daghestani, A., AL-Habashneh, S., & Shaheen, A. M. (2021). University students’ interaction, Internet self-efficacy, self-regulation and satisfaction with online education during pandemic crises of COVID-19 (SARS-CoV-2). International Journal of Educational Management, 35(3), 713–725. https://doi.org/10.1108/IJEM-11-2020-0513

Hasan, S. H. (2004). Implementasi kurikulum dan guru. Inovasi Kurikulum, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v1i1.35593

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6(1), 193. https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/b132c61a5ba32c6

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Megandarisari, M. (2021). Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868

Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan kurikulum pembelajaran di masa darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288

Mutiani, Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun komunitas belajar melalui lesson study model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus pandemic on education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/JEP/11-13-12

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publishing. doi: https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume II): Policies and Practices for Successful Schools. Paris: OECD Publishing. doi: https://doi.org/10.1787/9789264267510-en

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/b5fd1b8f-en

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Pelaksanaan Program for International Student Assessment (PISA) 2018 di Indonesia. https://puspendik.kemdikbud.go.id/download/Laporan%20PISA%202018%20Final.pdf

Kemendikbud. (2016). PISA 2015: Hasil PISA 2015 Menunjukkan Peningkatan Signifikan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ritonga, M. (2018). Politics and policy dynamics of changing the education curriculum in Indonesia until the reformation period. Bina Gogik, 5(2), 1–15. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/212

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analiasi kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103. https://doi.org/10.21009/JPD.012.08

Somantrie, H. (2009). Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Inovasi Kurikulum, 6(2), 30–40. https://doi.org/10.17509/jik.v6i2.35698

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA CV.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003). http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif, 4(3), 459. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.479

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and after COVID-19: Immediate responses and long-term visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00126-3




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4528

Article Metrics

Sari view : 620 times
PDF - 518 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.