Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Pemediasi Pada Cafe Es Teh Indonesia Cabang Ampang Padang

Eliza Eliza, Muhammad Farhan

Sari


ABSTRAK: Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menguji seberapa besar kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel pemediasinya adalah kualitas pelayanan pada Cafe Es Teh Indonesia Cabang Ampang Padang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui survei lapangan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 78 sebagai sampel dari penelitian ini (responden). Selanjutnya, analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), adalah SmartPLS 4. Berdasarkan penelitian ini, hasil pengujian hipotesis (Direct Effect) atau pengaruh secara langsung, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kualitas pelayanan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap kualitaspelayanan, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap loyalitaspelanggan, terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan, pengujian hipotesis (Indirect Effect), yang dalam hal ini secara tidak langsung, menunjukkan bahwa kualitas layanan dapat memediasi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan tidak dapat memediasi harga terhadap loyalitas pelanggan. Kedepannya, sangat diharapkan kepada perusahaan harus lebih memperhatikan kualitas layanan agar tetap menunjang kepuasan agar konsumen menjadi loyal, dengan cara lebih memperhatikan layanan yang diberikan kepada konsumen, seperti: melakukan pelayanan yang benar, cepat tanggap melayani konsumen, memperhatikan etika saat memberikan pelayanan dan lebih berempatiterhadap konsumen, sehingga mampu mengembangkan Café Es Teh Indonesia ini lebih baik dan siap bersaing dengan produk lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chulaifi, M. I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, serta Kepercayaan pada Kepuasaan Konsumen. 4(1), 1–22.

Data Café Es Teh Indonesia Cabang Ampang, Jalan. Raya Ampang No.29, Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25154

Firmansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120–128.

Ghozali, I. (2016). Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program SMARTPLS 3.0. Pdf. Universitas Diponegoro.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12.

Jakarta: Erlangga.

Luis, F., & Moncayo, G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Coffee Shop di Kota Medan).

Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114.

Sukmawati dan Massie. (2015). The Effects of Service Quality Mediated by Customer Satisfaction and Trust Toward Customer Loyalty in PT. Air Manado. Jurnal EMBA. Vol.3, No.3, September 2015. Hal: 729 – 742.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4524

Article Metrics

Sari view : 292 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.