HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI SISWA DI SDN 010 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN 2017

Putri Wulandini S Diana Mustika

Sari


Prestasi belajar yang baik menjadi salah satu indikator kualitas sumber daya manusia di
bidang pendidikan. Dalam pendidikan, hasil dan prestasi belajar di sekolah merupakan bentuk
penilaian kemampuan siswa selama melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar dipengaruhi
oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal tesebut salah satunya adalah kesehatan. Gizi
merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kesehatan individu dan pada anak sekolah.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi siswa di
SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2017. Jenis penelitian korelasi
dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN 010 Pangkalan
Kerinci Kabupaten Pelalawan pada tanggal 16 – 25 Februari 2017. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa/i kelas III – V SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan sebanyak 229
orang. Sampel 70 orang diambil dengan tehnik sampling Stratified Random Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kepada siswa untuk status gizi
yaitu dengan indikator Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) dan dokumentasi untuk
menentukan nilai siswa, yaitu dengan menganalisa hasil rapor siswa kemudian diolah dengan
menggunakan chi square selanjutnya dianalisa secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil
penelitian yang didapatkan status gizi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah normal
sebanyak 55 orang (78,6%). Prestasi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah baik
sebanyak 42 orang (60%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Pvalue = 0,017, maka
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan prestasi siswa di SDN 010
Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan tahun 2017. Diharapkan kepada para tenaga pengajar
di SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan agar dapat melakukan sosialisasi dan
pendidikan kesehatan secara kontinue kepada siswa tentang pentingnya status gizi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Status Gizi, Prestasi Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini, C. C. 2013. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 4 dan

Sekolah Dasar di Kelurahan Maasing KecamatanTumintingKota Manado. FakultasKesehatan Masyarakat,Universitas Sam Ratulangi Akademi Gizi, Poltekes Kemenkes

Manado

Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Arisman. 2010. Gizi dan Daur Kehidupan. Jakarta: EGC

Auliani. 2010. Hubungan Antara tipe Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa

Fakultas PSikologi UIN Jakarta.Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah Jakarta.

Budsiana, Y. 2013. Hubungan Konsumsi Energi, Protein, FE, Status Gizi, Kadar Hemoglobin

(HB) dan Prestasi Belajar Santriwati di Tsanawiyah Pondok Pesantren Babussalam

Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak Tahun 2013. Skripsi,

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta

Cakrawati & Mustika. 2011.Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Cunningham. 2012. Student Achievement.National Conference of State Legislatures

Depkes. 2011. Pedoman Perbaikan Gizi Aanak Sekolah Dasar danMadrasah Ibtidayiah.

Jakarta: Departemen Kesehatan

Devi, N.2012. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Fathia, DP, Sudargo, T, Gamayanti, IL.2011. Hubungan antara Status Gizi dan Faktor

Sosiodemografi dengan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar di Daerah Endemis

GAKY.Jurnal Gizi Indonesia Vol.34 (1)

Hidayat, A, A. Aziz Alimul. 2011. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data.

Jakarta: Salemba Medika

Hidayati. 2012. Obesitas Pada Anak. Surabaya: Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Ilmu

Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Unair.

Ijarotimi OS, Ijadunolo KT. 2007. Evaluation of energy and micronutrients intake with

learning achievement at Nigerian. Journal of Nutrition.3(4): 250-3.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah

Dasar.

Lawrence. 2013. Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students

in Kanyakumari District International. Journal of Physical and Social Science, Volume

, Issue 2

Legi NN. 2012. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar Negeri

Malalayang Kecamatan Malalayang. Manado: Poltekes Kemenkes Manado.

Legi. 2012. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar SD Malalayang Kecamatan

Malalayang Menado. Jurnal GIZINDO. Mei. 321-326

Mardapi. 2010. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Maryunani. 2010.Ilmu Kesehatan Anak.Jakarta : Trans Info Media.

Mochji. 2011.Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Bharata Karya Aksara

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja

Roebianto. 2010. Beberapa Faktor Psikologis yang Memengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa

di Bidang Statistika 1 & 2. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.

Sari WA. 2010. Hubungan status gizi dengan tingkat prestasi belajar siswa SDN 032 Bukit

Raya di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. [skripsi]. Pekanbaru: Universitas Riau

Simbolon, Dkk., 2014. Hubungan Antara Kebiasaan Makan Pagi Dan Status Gizi Dengan

Prestasi Belajar Pada Anak di SD Negeri 096132 Parapat Kecamatan Girsang

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjiningsih. 2012.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Sorhaindo A, Feinstein L. Relationship between child nutrition and school outcomes. London:

Center for Research on the Wider Benefits of Learning Institute of Education; 2006.

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Supariasa . 2011. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Syah, M. 2011.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosdakarya

Remaja

Yanuarita, A. 2010.Rahasia Sukses Diet Berdasarkan Golongan Darah A-B-AB-O. Jakarta:

Teranovabook




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.432

Article Metrics

Sari view : 291 times
PDF - 446 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.