HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI SISWA DI SDN 010 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN 2017
Sari
Prestasi belajar yang baik menjadi salah satu indikator kualitas sumber daya manusia di
bidang pendidikan. Dalam pendidikan, hasil dan prestasi belajar di sekolah merupakan bentuk
penilaian kemampuan siswa selama melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar dipengaruhi
oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal tesebut salah satunya adalah kesehatan. Gizi
merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kesehatan individu dan pada anak sekolah.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi siswa di
SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2017. Jenis penelitian korelasi
dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN 010 Pangkalan
Kerinci Kabupaten Pelalawan pada tanggal 16 – 25 Februari 2017. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa/i kelas III – V SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan sebanyak 229
orang. Sampel 70 orang diambil dengan tehnik sampling Stratified Random Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kepada siswa untuk status gizi
yaitu dengan indikator Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) dan dokumentasi untuk
menentukan nilai siswa, yaitu dengan menganalisa hasil rapor siswa kemudian diolah dengan
menggunakan chi square selanjutnya dianalisa secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil
penelitian yang didapatkan status gizi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah normal
sebanyak 55 orang (78,6%). Prestasi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah baik
sebanyak 42 orang (60%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Pvalue = 0,017, maka
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan prestasi siswa di SDN 010
Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan tahun 2017. Diharapkan kepada para tenaga pengajar
di SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan agar dapat melakukan sosialisasi dan
pendidikan kesehatan secara kontinue kepada siswa tentang pentingnya status gizi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Status Gizi, Prestasi Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustini, C. C. 2013. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 4 dan
Sekolah Dasar di Kelurahan Maasing KecamatanTumintingKota Manado. FakultasKesehatan Masyarakat,Universitas Sam Ratulangi Akademi Gizi, Poltekes Kemenkes
Manado
Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Arisman. 2010. Gizi dan Daur Kehidupan. Jakarta: EGC
Auliani. 2010. Hubungan Antara tipe Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa
Fakultas PSikologi UIN Jakarta.Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta.
Budsiana, Y. 2013. Hubungan Konsumsi Energi, Protein, FE, Status Gizi, Kadar Hemoglobin
(HB) dan Prestasi Belajar Santriwati di Tsanawiyah Pondok Pesantren Babussalam
Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak Tahun 2013. Skripsi,
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta
Cakrawati & Mustika. 2011.Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Cunningham. 2012. Student Achievement.National Conference of State Legislatures
Depkes. 2011. Pedoman Perbaikan Gizi Aanak Sekolah Dasar danMadrasah Ibtidayiah.
Jakarta: Departemen Kesehatan
Devi, N.2012. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
Fathia, DP, Sudargo, T, Gamayanti, IL.2011. Hubungan antara Status Gizi dan Faktor
Sosiodemografi dengan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar di Daerah Endemis
GAKY.Jurnal Gizi Indonesia Vol.34 (1)
Hidayat, A, A. Aziz Alimul. 2011. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data.
Jakarta: Salemba Medika
Hidayati. 2012. Obesitas Pada Anak. Surabaya: Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Ilmu
Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Unair.
Ijarotimi OS, Ijadunolo KT. 2007. Evaluation of energy and micronutrients intake with
learning achievement at Nigerian. Journal of Nutrition.3(4): 250-3.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah
Dasar.
Lawrence. 2013. Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students
in Kanyakumari District International. Journal of Physical and Social Science, Volume
, Issue 2
Legi NN. 2012. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar Negeri
Malalayang Kecamatan Malalayang. Manado: Poltekes Kemenkes Manado.
Legi. 2012. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar SD Malalayang Kecamatan
Malalayang Menado. Jurnal GIZINDO. Mei. 321-326
Mardapi. 2010. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Maryunani. 2010.Ilmu Kesehatan Anak.Jakarta : Trans Info Media.
Mochji. 2011.Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Bharata Karya Aksara
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja
Roebianto. 2010. Beberapa Faktor Psikologis yang Memengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa
di Bidang Statistika 1 & 2. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.
Sari WA. 2010. Hubungan status gizi dengan tingkat prestasi belajar siswa SDN 032 Bukit
Raya di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. [skripsi]. Pekanbaru: Universitas Riau
Simbolon, Dkk., 2014. Hubungan Antara Kebiasaan Makan Pagi Dan Status Gizi Dengan
Prestasi Belajar Pada Anak di SD Negeri 096132 Parapat Kecamatan Girsang
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soetjiningsih. 2012.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Sorhaindo A, Feinstein L. Relationship between child nutrition and school outcomes. London:
Center for Research on the Wider Benefits of Learning Institute of Education; 2006.
Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Supariasa . 2011. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC
Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Syah, M. 2011.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosdakarya
Remaja
Yanuarita, A. 2010.Rahasia Sukses Diet Berdasarkan Golongan Darah A-B-AB-O. Jakarta:
Teranovabook
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.432
Article Metrics
Sari view : 291 timesPDF - 446 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.