KORELASI FASILITAS BELAJAR BLENDED LEARNING DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yendrita Yendrita, Opi Rahma Hidayat, Wulan Anggundari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara fasilitas belajar pada pembelajaran Blended learning dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar biologi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasional.. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa X IPA 1 sampai X IPA 5 yang berjumlah 177 orang siswa. Teknik pengambilan kelas sampel menggunakan teknik purposive random sampling dan teknik pengambilan sampel pada masing-masing kelas menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Data dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil uji signifikansi fasilitas belajar (x1) dengan hasil belajar (Y) diperoleh thitung =1,603 dan ttabel = 2,052 (thitung< ttabel) berarti fasilitas belajar tidak berkorelasi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Hasil uji signifikansi lingkungan keluarga (x2) diperoleh thitung= 2,259 dan ttabel = 2,052 (thitung>ttabel ) berarti lingkungan keluarga memiliki korelasi yang signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa. Selanjutnya korelasi ganda dengan uji-F diperoleh Fhitung=1,222 dan Ftabel=3,380 (Fhitung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aimang, H. A. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608

Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53

Covid-, P. (2022). Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Pembelajaran dalam Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa selama Masa Pendahuluan. 2(2), 145–154.

Gede, D., Putra, A., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. 6(1), 75–86.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Hasil, D., & Ips, B. (2018). Joyful Learning Journal. 7(2), 47–54.

Herianto, A., & Ali, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning. Jurnal Geografi, 12(01), 307. https://doi.org/10.24114/jg.v12i01.10688

Ibrahim, I. D. K., Cahyadi, I., Anggriani, R., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bumigora). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 265–278. https://doi.org/10.30812/target.v2i2.1016

Mauliddiyah, L., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Surabaya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2213–2227. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2417

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186

Muhdar, M. J. (2020). Jurnal MPI | 25. 25–36.

Mukarromah, K. (2022). Analisis Perhatian Orang Tua Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1584–1597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2190

Nasution, S. I., & Yana, I. M. (2022). Keterlibatan Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Blended Learning Pada Masa Pandemi Di Desa Enggal Rejo Kabupaten Pringsewu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1531

Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506

Suprihatin, I., & Shahreza, D. (2022). FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA SMK YASPEN JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. 8(1), 138–147.

DR. Sugiyono. (1999). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA, CV. Jl. Gegerkalong Hilir 88 Bandung 40152.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4287

Article Metrics

Sari view : 139 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.