Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Kabupaten Pasaman Saat Era Revolusi Industri 4.0

Okfi Resti, Arridha Illahi

Sari


Digital marketing adalah program yang menawarkan kesempatan untuk mempromosikan dan mencari peluang pasar melalui media digital online. Digital marketing akan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mengidentifikasi semua kebutuhan dan minat pelanggan, baik itu untuk usaha besar, kecil maupun menengah. Saat ini, pemasaran dan penjualan produk UMKM masih dilakukan dengan mengikuti berbagai macam pameran produk UMKM yang diadakan oleh pemerintah maupun perusahaan yang menyediakan fasilitas pameran, melalui broadcast pesan dan hanya menanti para pengunjung datang ke toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pemasaran digital pada UMKM di era Revolusi Industri 4.0. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Pasaman dengan jumlah sampel sebanyak 52 UMKM. Analisis data dilakukan dengan empat tahap, yaitu editing, coding, tabulasi, dan analisis data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pemasaran digital dalam pengembangan industri 4.0 UMKM di Pasaman belum terlaksana dengan maksimal karena sumber daya manusia yang memahami pemasaran digital, pelatihan yang kurang atau belum maksimal, tidak memiliki foto produk yang baik, kurangnya modal usaha, strategi pengembangan yang belum terpenuhi, kurangnya informasi yang menyebabkan UMKM tertinggal dari perkembangan untuk memajukan usahanya. Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Industrial Revolution 4.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara.

Fitri, Irna. (2016). Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak (Studi Pada Ceker Brontak kota Bandar Lampung).

Handika, Made Resta, Agus F. M., dan Gede S. D. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 192.

Nurcahyo, Afan. (2018). Peran Digital Marketing dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Berlangganan Indihome. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 15.

Oktaviani Femi dan Diki Rustandi. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness, Jurnal Profesi Humas volume 3 no 1 hlm 1-20.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1.

Purwanti, E. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, 5(1), 13–28.

Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing campaign #samyangchallenge terhadap consumer behavior digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal PRofesi Humas. 132-141

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4280

Article Metrics

Sari view : 265 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.