Inovasi Dalam Meningkat Kinerja Organisasi Sektor Publik

Hari Suriadi, Aldri Frinaldi

Sari


Inovasi adalah rute ke tingkat organisasi yang lebih tinggi atau kinerja di lembaga publik diperiksa dalam tinjauan kritis, inovasi sektor publik adalah suatu cara atau bahkan terobosan untuk menembus kemacetan dan jalan buntu yang terkait dengan organisasi sektor publik. Karakteristik sistem sektor publik yang kaku, harus dapat diperbaiki dengan mendorong budaya inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Inovasi berperan dalam Meningkat Kinerja Organisasi Sektor Publik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan. Biasanya hanya dalam lingkungan yang dinamis seperti bisnis, inovasi-inovasi terkenal perlahan masuk ke lingkungan sektor publik. Terlihat bahwa tanda-tanda perubahan yang positif dapat dilihat ketika inovasi terjadi di sektor publik, dimana budaya inovasi harus dipupuk dan dikembangkan lebih lanjut, hal ini tidak terlepas dari dinamika eksternal dan tuntutan perubahan yang cepat di luar organisasi publik. Selain itu, perubahan sosial yang mendorong literasi menyadarkan masyarakat akan hak-haknya. Dengan cara ini, sektor publik dapat menjadi industri yang dapat beradaptasi dan merespon perubahan yang cepat. Pentingnya sekaligus memperkenalkan inovasi produk dan proses dan kedua menyoroti peran mediasi yang dimainkan inovasi dalam hubungan kinerja organisasi. Maka bagaimana yang harus dicapai, kapan dan bagaimana strategi inovasi organisasi harus dikejar. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kinerja Organisasi, Organisasi Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angel, L., Meroño-Cerdan, & López-Nicolas, C. (2013). Understand the drivers of organizational innovation. Journal of Service Industry, 33(13), 1312-1325.

Armbruster, H. (2008). Organizational Innovation Challenge measures non-technical innovation in large-scale surveys. European journal.

Bloch, Carter., 2011. Mengukur Inovasi Publik di Negara Nordik (MEPIN). Dewan Menteri Nordik.

Bogers, M. (2009). Sources of Process Innovation in User Enterprises. Management Journal.

Chen, SC, & Quester, PG (2006). Modeling store loyalty: perceived value in market orientation practices. Journal of Services Marketing, 20(3), 188-198.

Cheng, CC, Yang, C.-l., & Sheu, CC (2014). The link between eco-innovation and business performance. Journal of Net Production (64), 81-90.

Doran, J., & Ryan, G. (2014). Eco-Innovation – does additional engagement generate additional rewards? International Journal of Socioeconomics, 41(11), 1110-1130.

Giritli, H., & Acar, E. (2007). Organizational culture: the case of the Turkish construction industry. Engineering Management, Construction and Architecture, 14(6), 519-531.

Halila, F., & Rundquist, J. (2011). Development and market success of eco-friendly innovations. European Journal of Innovation Management, 14(3), 278-302.

Hall, R., & Andriani, P. (2002). Managing Knowledge for Innovation. Long Term Planning (35), 29-48.

Halo. (2008). “Apa yang memengaruhi kinerja organisasi? Menghubungkan pembelajaran dan manajemen pengetahuan. Manajemen Industri & Sistem Data, 108 (9), 1234 - 1254.

Haneda, N., Motheb, C., & Thic, TU (2014). Persistensi perusahaan dalam inovasi teknologi: relevansi inovasi organisasi. Ekonomi Inovasi dan Teknologi Baru, 23(5), 490–516.

Kim, S., Lee, J., & Yu, k. (2006). Budaya perusahaan dan kinerja organisasi. Jurnal Psikologi Manajerial, 19(4), 340-359.

Lett. 5 (4), 377–381.

Lund, DB (2003). Budaya organisasi dan kepuasan kerja. Jurnal Pemasaran Bisnis & Industri, 18(3), 219-236.

Mahapatro, BB (2013). penampilan organisasi. Manajemen sumber daya manusia, 272- 279.

Makri, Marianna, Lane, Peter J, Gomez-Mejia, Luis R, 2006. Insentif CEO, inovasi, dan kinerja di perusahaan intensif teknologi: rekonsiliasi hasil dan skema insentif berbasis perilaku. Strategi. Mengelola. J.27 (11), 1057–1080.

Mothe, C., & Nguyen-Van, P. (2015). inovasi organisasi untuk inovasi teknologi: peran praktik manajemen pengetahuan. ekonomi terapan.

Pakes, Ariel, Griliches, Zvi, 1980. Paten dan Litbang di tingkat perusahaan: laporan pertama. Ekon.

Pierce, Jon L, Delbecq, Andre L, 1977. Struktur organisasi, sikap individu dan inovasi. Acad. Mengelola. Wahyu 2 (1), 27–37.

Raymond, C., Harun, B., & Bertha, L. (2006). Eko-efisiensi dan UKM di Nova Scotia, Kanada. Jurnal Produksi Bersih, 14(6-7), 542-550.

Robert B, Denhardt, Janet V, Aristigueta, Maria P, 2009. Mengelola Perilaku Manusia di Organisasi Publik dan Nirlaba. Publikasi Sage.

Rogers, E.M., 2003. Diffusion of Innovations 5th edition, Free Press. New York.

Roper, Stephen, Love, James H., Bonner, Karen, 2017. Pencarian pengetahuan perusahaan dan lokal eksternalitas pengetahuan dalam kinerja inovasi. Res. Kebijakan 46 (1), 43–56.

Sahni, NR, Wessel, M., Christensen, CM, 2013. Melepaskan inovasi terobosan dalam pemerintah. Stanford Sok. Inovasi Wahyu 11 (3), 27–31.

Shahzad, F., Luqman, RA, Khan, AR, & Shabbir, L. (2012). The Influence of Organizational Culture on Organizational Performance. Interdisciplinary journal of contemporary research in business, 3(9).

Thakur, R., Hsu, SH, & Fontenot, G. (2012). Innovation in healthcare: Future issues and trends. Journal of Business Research, 65(4), 562–569.

Rainey, Hal G., 2009. Pengertian dan Pengelolaan Organisasi Publik. Yohanes Wiley & Sons.

D'Este, Pablo, Simona, Iammarino, Savona, Maria, von Tunzelmann, Nick, 2012. Apa menghambat inovasi? Hambatan yang terungkap versus hambatan yang menghalangi. Res. Kebijakan 41 (2), 482–488.

Torugsa, Nuttaneeya Ann, Arundel, Anthony, 2016b. Sifat dan kejadian inovasi kelompok kerja di sektor publik Australia: bukti dari survei layanan negara bagian Australia 2011. Aust. J. Laksamana Publik 75 (2), 202–221. Torugsa, Nuttaneeya Ann, Arundel,




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4276

Article Metrics

Sari view : 436 times
PDF - 254 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.