Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Man 1 Solok Plus Keterampilan

Dodi Waldi

Sari


MAN 1 Solok Plus Keterampilan adalah madrasah yang banyak melaksanakan kegiatan keagamaan. MAN 1 Solok Plus Keterampilan telah dilakukan pembiasaan amalan yaumi sebagai salah satu kegiatan dalam pendidikan karakter saat ini untuk itu perlunya dilakukan penelitian ini. madrasah ini sendiri telah memiliki citra yang baik dalam membentuk karakter religius peserta didiknya. Tujuan penelitian ini meliputi pembahasan masalah mengenai bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembentukan karakter religius siswa MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis Studi Kasus. Adapun pengumpulan data dengan analisis isi, dan dicek keabsahannya menggunakan triagulasi. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 1 Solok Plus Keterampilan yang beralamat di Jln. Guguak Panjang No 38 Koto Baru Kabupaten Solok. Alasan peneliti memilih lokasi ini karena memiliki strategi yang efektif dalam membentuk kepribadian religius para peserta didiknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Strategi pembentukan karakter religius pada siswa MAN Solok I adalah pembinaan dan arahan untuk melaksanakan pembentukan karakter religius di lingkungan MAN 1 Solok Plus Keterampilan. 2) Pelaksanaan Strategi pembentukan karakter religius pada siswa MAN Solok I adalah dengan melaksanakan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan dengan membaca salam, berdoa sebelum belajar. Dengan pembiasaan seperti salat dhuha, salat dzuhur berjemaah, Tahfidz, PHBI, MTQ, MSQ, pemotongan hewan qurban, membaca alquran, bersalaman dengan guru, dan melakukan sadaqoh akan membangkitkan jiwa spiritual siswa bersamaan dengan jiwa sosial mereka. 3) Evaluasi strategi pembentukan karakter religius pada siswa MAN Solok I adalah pengawasan dan pemantauan, presensi terkait dengan pembinaan karakter religius dan pengadaan laporan bulanan. Kata Kunci: Strategi, Karakter Religius, MAN 1 Solok Keterampilan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul. Majid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011). h. 33

Alquran Kementerian Agama Republik Indonesia

Aristanti, S. (2019). Strategi pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di sekolah menengah pertama: Studi multisitus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jombang dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Daryanto, (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dea Monica Sary Peran Sekolah Dan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, 2021

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Fathurrohmah Pupuh, (2013). Perkengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasibuan, P. M. (2016). Upaya guru dalam meningkatkan pengamalan ibadah sholat siswa di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Paringgonan Kec. Ulu Barumun Kab. Padang Lawas (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Heri Cahyono, 2016. Pendidikan Karakter RI’AYAH, Vol. 01, No. 02 Juli-Desember

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105-110.

Imam Gunawan,( 2011). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara Cetakan Kedua.

Iwan Hermawan, (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayat Quran Kuningan.

Kemdiknas, (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Puskur.

Kemendiknas, (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa,(Jakarta : Balitbang.

Kementerian Pendidikan Nasional, (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta : Kemendiknas

Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya secara terpadu Dilingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi.

Margono, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Muh. Fitrah, Luthfiyah,( 2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak

Muh. Hambali dan Eva Yulianti, (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Kota Majapahit. Jurnal Padagogik Vo. 05 No. 02.

Mulyasa, (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono, M. (2011). Strategi pembelajaran: Menuju efektifitas pembelajaran di abad global.

Novan Informan IIy Wiyani, (2011). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta: BP. Migas, 2001

Rofiq, M. (2020). Implementasi Nilai-nilai Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 139-157.

Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, 9(2), 17.

Sugiyono,(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsu Yusuf, (2005). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Anggota IKAPI.

Zuhri, M. N. C. (2013). Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Quran Dalam Pembinaan Akhlak Di SMPN 8 Yogyakarta. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 11(1), 112-129.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4239

Article Metrics

Sari view : 154 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.