Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Peseta Didik Di SMK Negeri 8 Padang

M. Isnando Tamrin, Sri Hartati

Sari


Penelitian dilatar belakangi oleh masih ditemukan akhlak remaja yang masih rendah yang terlihat berita seperti perbuatan tawuran, ponografi, bullying dan lain-lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik kelas XI di SMK Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan tahapa reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru PAI sebagai pendidik yaitu membimbing dan mengarahkan siswa berperiku baik dalam kehidupan sehari hari melalui pembiasaan budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun) dan menyediakan fasilitas keagamaan, (2) guru PAI sebagai model dan teladan yaitu memberikan contoh yang baik agar para peserta didik memberikan feedback yang baik, memberikan contoh nyata dan dan memberikan motivasi. (3) guru sebagai evaluasi yaitu evaluasi dengan cara mengurangi pelanggaran yang dilakukan siswa Kata Kunci: Peran Guru, Akhlak Peserta Didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M.N.B., Farikhin, F. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Pertam Negari 03 Maesan. Ta’LimDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal0f Islmic Education Studies), 1(1), 57-73

Andrianto, A. (2019). Implementasi Komunikasi Edukatif Dalam Pemaduan Iman, Ilmu Dan Amal Studi Pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 1–17

Anom., Prasetya, B., Halili, H.R. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Madasah Diniyah Nurul Ghozali Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerte Kabupaten Probolinggo. JPDK: Research &Learning in Primay Education, 4(2), 219-227

Fadhillah, Z.N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tanggerag, JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 84-103

Faishol., Fadlullah, M.E., Hidayah, F., Fanani, A.A., Silvia, Y. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa di MTs An-Najhiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaan (JPPKn), 1(1), 39-50

Hamalik,O. (2010). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta:Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2018). Pendidikan Berbasis Adab Menurut A.Hassan. Jurnal Pendidikan Agama Islam , XV(1)

Hanafiah, N., Cucu, Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: PT. Refika Aditama

Irfan, M. (2020). Implementasi Model Pembeljaran Kontekstual Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Ahklak Peserta didik (Studi Multisitus di SMPs Al Islah dan SMA Al Isla Sukadiri Kabupaten Tanggerang), Jurnal Qathruna, 7(2),86-103

Mulyasan, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mu’awanah, E. (2012). Bimbingan Konseling Islam, Yogyakarta: Teras

Nasution, W.N. (2011).Teori Belajar dan Pembelajaran,. Medan: Perdana Publishing

Novriwandi., Rahim A. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidiyah Attaqwa 07 Bekasi. Jurnal of Educational and Language Research. 2(2), 313-328

Nurdin, M. (2010). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group

Nurhayati, Is., Tsani, S,A. (2019). Peran Guru Akidah dalam Meningkatkan Akhlak Peserta didik, Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam.4(2); 24-40

Ramayulis. (2008). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Uhbiyati, N. (2012). Dalam Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam (hal. 21). Semarang: Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4234

Article Metrics

Sari view : 471 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.