Dampak Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Dr.Hasri Ainun Habibie Gorontalo

Zulkarnain Ilyas Idris, Anggriani Husain

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak mutu pelayanan kesehatan (X) yang terdiri dari pemakai jasa pelayanan kesehatan (X1) dan penyelenggara pelayanan kesehatan (X2) terhadap kepuasan pasien Covid-19 di Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Gorontalo. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden dengan menggunakan metode Yamane. Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pemakai jasa pelayanan kesehatan (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 54,9 % dan penyelenggara pelayanan kesehatan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 38,5 % terhadap kepuasan pasien Covid-19 di Rumah Sakit dr. Hari Ainun Habibie Gorontalo. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y sebesar 83,2 % sedangkan sisanya sebesar 16,8 % ditentukan variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Mirai : Journal of Management, 1(2), 33–57. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/231/123

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461

Astuti, Dwi. "Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas." HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 1, no. 3 (2017): 65-72.

Az-zahroh. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Psikosains , 99-111.

Butar-butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 51–64. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JNI/article/view/4358/4177

Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535–544.

Etlidawati, dan D. Y. . (2017). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Ilmu - Ilmu Kesehatan, 15(3), 142–147.

Hidayah, N. (2014). Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Tim dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan, VII(2), 410–426.

Hastuti.2017. . Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat , (161-168)

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Layuk, E., Tamsah, H., & Kadir, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rs Labuang Baji Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 319–337.

Mamik. (2017). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan (Siti Aisyah (ed.)). Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=C37ADwAAQBAJ&lpg=PR2&pg=PR2#v=onepage&q&f=false

Pangerapan Djeinne Thresye, Plandeng Ora Et Labora I, & Mattua. Joy M. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), 9–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkk/article/view/18836

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(02), 270–277. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.02.14

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung

Suryawati, C. (2004). Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis Dan Penerapannya Pada Penelitian). JMPK (Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan), 7(4), 189–194. https://media.neliti.com/media/publications/22474-ID-kepuasan-pasien-rumah-sakit-tinjauan-teoritis-dan-penerapannya-pada-penelitian.pdf

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Tamara, C. V., Utami, T. N., & -, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Komunikasi Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama Siti Rahmah Tanjung Morawa. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 3(2), 29–38. https://doi.org/10.34012/jkpi.v3i2.1995




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4233

Article Metrics

Sari view : 414 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.