Supervisi Dengan Pendekatan Artistik Yang Diterapkan Di SMP N 21 Sijunjung

Ishlahati Ishlahati, Asmendri Asmendri

Sari


Salah satu bentuk nyata dari upaya pembinaan dan pengembangan kualitas guru diperlukan supervisi pendidikan. Fungsi utama supervisi pendidikan ditujukan pada peningkatan kualitas pengajaran. Oleh karena itu perlu dipilih bentuk supervisi dengan pendekatan yang tepat dalam hal ini. Supervisi adalah suatu kegiatan yang menyangkut bekerja dengan orang lain. Dalam bekerja dengan orang lain maka hubungan kemanusiaan adalah unsur utama. Hubungan kemanusiaan terjadi bila terjadi komunikasi yang baik, penerimaan dan kepercayaan. Supervisi artistik religius-humanistik adalah pengembangan dari model supervisi artistik, supervisi ini diilhami dari pendalaman akan nilai-nilai religi yang diimplementasikan seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin dan supervisor dalam suatu lembaga atau institusi. Supervisi artistik religius-humanistik adalah model supervisi yang mengembangkan relasi antar atasan dan bawahan dengan baik, menganggap para guru dan staf setara sebagai sesama manusia atau makhluk Tuhan serta meniadakan sekat-sekat atau pembeda berupa jabatan dan latar belakang lainnya sebagai wujud implementasi nilai-nilai religiusitas yang ada dalam diri seseorang

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4232

Article Metrics

Sari view : 116 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.