Problematika Mahasiswa Yang Gagal Dalam Perkuliahan (Studi Fenomologi Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer)

Dewi Murni, Azwar Ananda, Mukhaiyar Mukhaiyar

Sari


Permasalahan mahasiswa yang gagal dalam perkuliahan ( mahasiswa yang mendapat nilai E, D dan C-) merupakan permasalahan yang harus menjadi perhatian khusus. Karena kegagalan mahasiswa tersebut tidak hanya merugikan mahasiswa itu sendiri tetapi juga merugikan institusi. Fenomena yang terjadi meskipun mahasiswa mengulang mata kuliah namun tetap tidak bisa mendapatkan nilai terbaik. Oleh karena itu perlu diketahui apa penyebab dan fenomena apa yang terjadi pada siswa. Artikel ini membahas berbagai penyebab kegagalan siswa seperti: dari aspek kebiasaan belajar dan cara belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kegagalan siswa antara lain: metode pembelajaran yang kurang baik yaitu tidak mengulang pelajaran, tidak membaca buku pelajaran sebagai sumber belajar, tidak disiplin dalam menggunakan waktu belajar, jarang mengikuti kelompok diskusi belajar. Dari pengamatan diketahui bahwa meskipun sudah berulang kali mengikuti perkuliahan, sebagian besar mahasiswa tidak banyak berubah dalam cara belajarnya. Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian besar penyebab kegagalan adalah siswa tidak menguasai materi prasyarat.. Kata Kunci: Kebiasaan belajar, gagal dalam perkuliahan,.Aljabar Linear Elementer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

____________. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta :

Oemar Hamalik. (1992). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Rudi Susilana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Transito.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Magfirah, I., U. Rahman, dan S. Sulasteri. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 3(1): hal. 103- 116.

Yani Dwi Ningsih. (2012). Hambatan-hambatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membuat Pola (Pattern Making) Dengan Teknik Konstruksi di SMK Negeri 1 IV Angkek Kab. Agam. Skripsi. Padang: FT UNP.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4229

Article Metrics

Sari view : 347 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.