Konsep Pendidikan Dan Bimbingan Konseling Berdasarkan Paulo Freire

Delima Delima, Sufyarma Marsidin, Yeni Karneli

Sari


Praktik pendidikan selama ini lebih menekankan para pengembangan otak kiri yang cenderung berpikir rigid, terstruktur, terikat oleh aturan formal dan sangat formalistic. Akibatnya semua proses pendidikan harus dilaksanakan menurut garis lurus yang ditentukan oleh pemegang dan penentu kebijakan yang miskin kreatifitas dan inovasi. Manusia adalah menjadi pelaku atau subyek. Panggilan manusia sejati adalah menjadi pelaku yang sadar, yang bertindak mengatasi dunia dan realitas dengan penuh sikap kritis dan daya cipta. Dalam ranah kognitif selalu menjadi tumpuhan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pendidikan. Sungguhpun perangkat aturan telah menuntut penyeimbangan ketiga ranah (kognitif, afektif dan psikomotorik) bahkan ranah spiritual, namun faktanya jauh dari harapan. Keterbatasan skill kompetensi tenaga pendidik selalu menjadi alasan yang tak pernah ada ujung pangkalnya. Berbagai aspek pendiikan: karakteristik peserta didik, mengidentifikasi kasus, factor penghambat dan penunjang pelaksanan Pendidikan dan bimbingan konseling, inilah yang ditawarkan oleh Paulo Freire untuk dijadikan alternatif pengembangan di dunia pendidikan. Kata Kunci: Pendidikan, Manusia, Berfikir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajat, A. S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Analisis Filsafat Paulo Freire Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Perspektif, 5(1). https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.107

Backes, J. L., Pavan, R., & Fetzner, A. R. (2021). Paulo Freire and cultural studies: Clues for possible convergences. Praxis Educativa, 16. https://doi.org/10.5212/PRAXEDUC.V.16.16539.023

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). Model Pendidikan Paulo Freire, Refleksi Pendidikan IPA SD di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745

Fadli, R. V. (2020). Tinjauan Filsafat Humanisme: Studi Pemikiran Paulo Freire dalam Pendidikan. Jurnal Reforma, 9(2). https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.317

Muhammad, F., Alfiyah, H. Y., Prasetia, S. A., & Fayaz Mahassin Syifa’i Adienk. (2021). Menyandingkan Pendidikan Pembebasan Paulo Freire dengan Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi Stai Al Fithrah |, 10(1).

Rasyid, A. (2019). Pendidikan Humanis dalam Pandangan Paulo Freire. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i1.109

Salamun, J. (2016). Bimbingan Konseling Dan Implikasinya Terhadap Karakter Peserta Didik Di Man Model Gorontalo (Studi Tentang Model Penanganan Peserta Didik Bermasalah). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ), 1(1).

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional.

Supriyanto. (2013). Paulo Freire: Biografi Sosial Intelektual Modernisme Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2).

Sutanto, A. B. (2019). Pendidikan Penyadaran Paulo Freire. At-Ta’dib, 4(1).

Terzi, A. M., Matos, D. P., Rodrigues, M. L., & Demarzo, M. (2020). Mindfulness in education and Paulo Freire: A reflective approach. Interface: Communication, Health, Education, 24. https://doi.org/10.1590/Interface.200015




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4225

Article Metrics

Sari view : 115 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.