PENGARUH GIRO DAN PENEMPATAN PADA BANK LAIN, INVESTASI PADA SURAT BERHARGA, PEMBIAYAAN DAN PINJAMAN QARD TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Fernanda, Maivalinda Lucy Chairoel

Sari


Penelitian ini menguji tentang pengaruh pengalokasian dana perbankan syariah terhadap profitabilitas perbankan syariah itu sendiri. Adapun yang menjadi variabel-variabel penelitian pada pengalokasian dana yang akan diuji dalam penelitian ini adalah giro dan penempatan di bank lain, investasi dalam surat berharga, pembiayaan dan pinjaman Qard. Sedangkan untuk variabel profitabilitas yang diukur adalah Return On Asset (ROA).

            Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan bank-bank syariah yang ada di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini adalah dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ditemukan bahwa hanya variabel investasi dalam surat berharga yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA.

 

Kata kunci: giro dan penempatan di bank lain, investasi dalam surat berharga, pembiayaan dan pinjaman qard, ROA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrianto, Yogi., Wardani, D. T., Subaweh, I., & Hillery, D. (2011). Analysis of Financial Allocation and Its Impact on The Profitability of Islamic Banking In Indonesia. The First International Credit Union Conference on Social Microfinance and Community Development, BKCU Kalimantan-GunadarmaUniversity.

Antonio, Muhammad Syafi’i. (2007). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press

Febriana, Messy. (2013). Pengaruh Penempatan Pada Bank Indonesia,Penempatan Pada Bank Lain Dan Investasi PadaSurat Berharga Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Bank Indonesia Periode 2009-2012. Universitas Maritim Raja Ali Haji Kep. Riau

Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Idris, Dr, M.si (2012). Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif Dengan Program SPSS Edisi Revisi III. Padang : Universitas Negeri Padang

Laporan Keuangan Tahunan Bank Syariah Mandiri Tahun 2015

Rahmawati, Rafika. (2011). Efisiensi Pengelolaan Dana Bank Syariah di Indonesia (Dengan Pendekatan Parametrik). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pedoman Akuntansi Perbankan Syariah Indoensia Tahun 2013 Bank Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i73.42

Article Metrics

Sari view : 779 times
PDF - 726 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.