Peminatan Siswa Dilihat Dari IST Test Dan Disc Test Di Sman 1 X Koto
Sari
Penelitian ini adalah tentang pemilihan peminatan siswa di kelas X. Biasanya, peminatan hanya ditentukan oleh nilai rapor SLTP dan wawancara oleh guru BK. Padahal, hal tersebut, belum menjamin kemampuan belajar siswa yang mengakibatkan siswa bermasalah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengkombinasikan dua alat tes yaitu tes IST dan tes DISC. Tujuan penelitian ini untuk melihat peminatan siswa dilihat dari IST dan DISC serta melihat peminatan yang sudah diambil sesuai dengan minat yang dimiliki siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi adalah siswa SMAN X Koto Tanah Datar dan sampel nya 144 orang siswa kelas X. Penelitian ini menunjukkan hasil dari 144 orang siswa IQ rendah 58 orang, rata-rata 50 orang, sangat rendah 28 orang dan pandai 8 orang. Hasil tes DISC menunjukkan tipe analisa 76 orang, tipe stabil 55 orang, tipe mempengaruhi 9 orang,tipe pemimpin 4 orang.Dengan mengkombinasikan dua alat tes didapatkan hasil siswa yang masuk IPA sebanyak 42 orang dan IPS sebanyak 61 orang.Sedangkan peminatan yang tidak sesuai dengan deskripsi diri untuk IPA sebanyak 16 orang dan IPS sebanyak 25 orang.
Kata kunci : Peminatan, IST test, DISC test
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adinugroho, Indro. “Pengujian Properti Psikometrik Intelligenz Struktur Test Subtes Kemampuan Spasial Dua Dimensi (Form Auswahl): Studi Pada Dua Sma Swasta Di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA 5, no. 2 (2016): 165–80.
Agung, Ivan Muhammad, and Ahyani Radhiani Fitri. “Analisis Psikometri Intelligenz Structur Test (IST) Pada Mahasiswa.” Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1, no. 1 (2020): 1–10.
Anastasi, A., and S. Urbina. Psychological Testing. 7th ed. USA: Prentice Hall, 1997.
Bonnstetter, Bill J, and Judy I. Suiter. “The Universal Language DISC: Reference Manual. 6th Edition.” Target Training International, Ltd. USA, 2011.
Goni, Cindy KE, Henry Opod, and Lydia David. “Gambaran Kepribadian Berdasarkan Tes Disc Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Semester 1 Tahun 2016.” EBiomedik 4, no. 2 (2016).
Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas, n.d.
Kindangen, Estheria HC, Lydia David, and Hendri Opod. “Gambaran Intelligence Quotient (IQ) Pelajar Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manado.” EBiomedik 5, no. 1 (2017).
Kumolohadi, Retno, and Miftahun Nia. “Intelligenz Struktur Test Dan Standard Progressive Matrices: (Dari Konsep Inteligensi Yang Berbeda Menghasilkan Tingkat Inteligensi Yang Sama).” Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 1, no. 2 (2012): 79–85.
LPSP3 UI. Buku Petunjuk Tes Kemampuan Diferensial. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2011.
Makrifah, Fanistika Lailatul. “Pengembangan Paket Peminatan Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Di SMP.” Jurnal BK UNESA 4, no. 3 (2014).
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Marston, William Moulton. Emotions of Normal People. Routledge, 2013.
Mufida, Septyani. “Perbedaan Burn Out Ditinjau Dari Gaya Kepribadian Dominance, Influence, Steadiness, Dan Compliance.” Journal of Social and Industrial Psychology 1, no. 1 (2012): 34–40.
Nurlina, Atik. “Pemahaman Pemilihan Peminatan Akademik Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Tangerang Tahun 2017-2018.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2018).
Purnama, Chandra Yudistira, and Linda Ernawati. “PEMETAAN PETA BAKAT PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNJANI BERDASARKAN 34 PETA BAKAT GALLUP.” Jurnal Psikologi 14, no. 1 (2021): 113–21.
Santiko, Irfan, Agung Prasetyo, and Pradita Novianthy. “Mplementasi DISC Pada Sistem Psikotest Seleksi Peserta KKL STMIK Amikom Purwokerto.” IT CIDA 5, no. 1 (2019).
Spearman, Frank Hamilton. The Strategy of Great Railroads. C. Scribner’s sons, 1904.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara, 2014.
Sulystiyawati, Esthi Wiji, and Indriyati Eko Purwaningsih. “Peran Hasil Tes Penpeminatan Studi Terhadap Pemilihan Peminatan Pada Siswa SMA.” Jurnal SPIRITS 5, no. 1 (2014).
Tamatjita, E. N., Mardiana Irawaty, and Rio Ramdhani. “Sistem Pakar Pada Permainan Untuk Mengukur Tingkat Intelligence Quotient (IQ) Menggunakan Metode Binet-Simon Berbasis Android.” Compiler 5, no. 1 (2016).
Thurstone, Louis Leon. “Primary Mental Abilities.” In The Measurement of Intelligence, 131–36. New York: Springer, 1973.
Webster, Raymond E. “Utility of the WAIS in Predicting Vocational Success of Psychiatric Patients.” Journal of Clinical Psychology 35, no. 1 (1979): 111–16.
Zamralita & Setiawati, M. “Profil IST Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Di Jakarta.” Jurnal Phronesis 1, no. 2 (1999): 73–80.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4125
Article Metrics
Sari view : 563 timesPDF - 617 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.