Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Di Kota Padang

Roby Hadi Putra, Fani Ratny Pasaribu

Sari


Masalah yang terjadi di Puskesmas Kota Padang adalah masih kurangnya motivasi kerja pada pegawai Pukesmas di Kota Padang. Seperti pimpinan perusahaan kurang memberikan motivasi (yang merangsang) kepada bawahan dengan memberikan hadiah/ imbalan kepada pegawai yang berproduktifitas dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di Puskesmas di Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 893 pegawai di Puskesmas di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik cluster sampling dengan Slovin Formula yang terdiri dari 245 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan pengukuran Skala Likert dan dianalisis dengan Teknik Regresi Linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di Puskesmas di Kota Padang.

 

Kata kunci: Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Pegawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


a.Buku-buku

Alfred, R. Lateiner. 2002. Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja. Terjemahan Imam Soedjono. Jakarta: Aksara Baru.

Anoraga, P. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Bavendam, J. 2000. Managing Job Satisfaction. J. Special Report.

Blum, L.H. 1981. Planning for Healt: Generics for The Eighties. Human Sciences Press.

Fuad Mas’ud. 2004. Survai Diagnosis Organisasional. Badan Penerbit: Universitas Diponegoro, Semarang.

George, J.M & Jones G.R. 2008. Understanding and Managing Organizatonal Behavior (Fidth Edition) Upper Saddle River: New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Harbani Pasolong. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Luthans Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, PT. Andi: Yogyakarta.

Robbins, Stephen P.2013. Prinsip- Prinsip Perilaku Organisasi, Penerbit Erlangga: Jakarta. Siahaan, marihot P. 2016. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Edisi Revisi. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group: Jakarta. Suwatno. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2003. Kebijakan Publik yang Membumi. Yogyakarta:Yayasan Pembaruan Aministrasi Publik Indonesia (YPAPI) & Lukman Offset.

Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

b.Jurnal Penelitian

Anastasia, dkk. 2013. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT. DAI KNIFE Di Surabaya.” Jurnal agora, Vol.1, No.3, 2013, Univesitas Kristen Petra.

Endo Wijaya Kartika. 2010. “Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya).” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.12, No.1, Maret 2010, Hal. 100-112, Universitas Kristen Petra.

Ida Ayu Brahmasari, dkk 2008. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia).” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No.2, September 2008, Hal. 124-135, Universitas 17 Agustus Surabaya.

Koesmono h, Teman. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Ekspor di Jaw Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.7, No.2, September 2005, Hal. 171-188.

Nilvia, H. (2002). Analisis Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja PT. Indofood Tbk. Jurnal Ekonomi & Bisnis.

Ramlan Ruvendi. 2005. Imbalan dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor, Jurnal Ilmiah Binaniaga, Vol. 01 No.1 Bogor.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4123

Article Metrics

Sari view : 766 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.