Anteseden Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Indonesia
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi brand equity terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif. Jumlah sampel adalah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand awarenesss, brand association, dan brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Perceived quality berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness,brand association, perceived quality dan brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R2 88,1% artinya dimensi brand equity yang terdiri dari; brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty mampu mempengaruhi keputusan pembelian dengan persentase mencapai 88,1% sedangkan 11,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian perlu dipertimbangkan pengaruh dari dimensi brand equity.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi ke delapan. Salemba Empat. Jakarta.
Ahmad, F., & Sherwani, N. U. K. (2015). An empirical study on the effect of brand equity of mobile phones on customer satisfaction. International Journal of Marketing Studies, 7(2), 59.
Al-Habsyi, dkk, 2016. Pengaruh Elemen-Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sosis So Nice (Studi Kasus Pelanggan di Kota Semarang). Jurnal Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016.
Rahendy, Arief 2014. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 4 (2014).
Durianto, 2012. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Galuh Niti Ibrahim, Imroatul Khasanah, 2013. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar IM3 (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang). Diponegoro Journal of Management Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-10.
Ghozali, Imam, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kartajaya, H. (2009). Service Operation. Markplus Institute of Marketing.
Kholil Ansor & H.A Nazaruddin, 2013. Analisa Pengaruh Equitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kartu As Telkomsel di Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.11 No.21 Maret 2013.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Marco Dirgahadi Lukman, 2014. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak. Jurnal Vol.10, No.1: hal. 64–81, (ISSN:0216–1249).
Nabila Winatapradja, 2013. Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.CO Donuts & Coffee Di Manado Town Square. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 958-968, ISSN 2303-1174.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Integritas Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
St. Sudomo, 2013. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pepsodent Di Kabupaten Bantul). JBMA-Vol. I, No. 2, Februari 2013. ISSN : 2252-5483.
Temporal, Paul. 2001. Branding di Asia, Penciptaan, Pembangunan, dan Manajemen Merek Asia Untuk Pasar Globe. Batam: Interaksara.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4121
Article Metrics
Sari view : 233 timesPDF - 128 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.